Penerapan model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS SDN Lesanpuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Juliana Fasse - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS SDN Lesanpuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Juliana Fasse

Fasse, Juliana (2011) Penerapan model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS SDN Lesanpuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Juliana Fasse. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Group Investigation Hasil Belajar IPS SD Pendidikan merupakan upaya sadar yang mengangkat harkat dan martabat manusia. Dengan pendidikan seseorang dapat mencapai keinginan dan cita-citanya atau dengan kata lain pendidikan merupakan faktor penting untuk mengatasi masalah kemiskinan dan kebodohan yang selama ini melilit sebagian dari kehidupan bangsa kita. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan penerapan Model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Lesanpuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Mendeskripsikan apakah penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kelompok belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IIISDN Lesanpuro 3 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus masing- masing siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Lesanpuro 3 Hasil dari penelitian ini siswa pada pra tindakan yang menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar yang dicapai siswa adalah 58 33 dengan 10 siswa (27 77 %) yang sudah mencapai ketuntasan dan 26 siswa (72 22 %) yang belum mencapai ketuntasan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam merancang serta mengelola pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar IPS Siswa Kelas III SDN Lesanpuro 3 Setelah Melaksanakan Model Group Investigation. Peningkatan Keaktifan siswa dalam kelompok pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial setelah penerapan Model Group Investigation siswa kelas III SDN Lesanpuro 3. Bagi guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial disarankan untuk mencoba lebih semaksimal mungkin menerapkan model atau pendekatan tertentu pada proses pembelajaran yang dapat meningkatkan Hasil belajar dan kemampuan berpikir siswa. Selain itu pendekatan seperti ini harus sering mungkin digunakan meskipun pada materi yang berbeda. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan model yang sama dalam pengajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103867

Actions (login required)

View Item View Item