Penerapan cognitive style mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas V SDN Purwodadi 1 Malang / Silfi Mauluti Aski - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan cognitive style mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas V SDN Purwodadi 1 Malang / Silfi Mauluti Aski

Aski, Silfi Mauluti (2011) Penerapan cognitive style mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas V SDN Purwodadi 1 Malang / Silfi Mauluti Aski. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Cognitive Style Mapping Aktivitas Hasil belajar IPS SD Pembelajaran IPS yang disampaikan selama ini masih terpusat pada guru. Hal ini dapat dilihat dari pembelajaran IPS di SDN Purwodadi 1 Malang. Pembelajaran yang diajarkan kepada siswa kelas V sering kali didominasi oleh guru. Guru hanya berceramah dan bertanya jawab saja sedangkan siswa cukup mendengarkan sehingga menimbulkan kebosanan pada siswa dalam menerima pelajaran. Kemudian yang terjadi siswa mengalihkan perhatiannya dengan membuat gambar-gambar pada buku catatannya. Dan akhirnya siswa tidak menyerap dengan baik pelajaran yang disampaikan guru. Sehingga hasil belajar siswa menurun. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diadakan penelitian dengan menerapkan Cognitive Style Mapping (CSM). Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mendiskripsikan penerapan Cognitive Style Mapping (CSM) dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPS dengan penerapan Cognitive Style Mapping (CSM) di kelas V SDN Purwodadi 1 Kota Malang. Cognitive Style Mapping merupakan suatu teknik pencatatan materi dalam bentuk pemetaan gambar dan simbol agar siswa dapat tertarik mudah mengingat dan tidak bosan dalam pembelajaran IPS. Dengan menggunakan Cognitive style Mapping siswa akan lebih memahami materi yang diberikan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Purwodadi 1 Malang pada siswa kelas V semester 2 bulan Maret-April 2011. Jenis penelitian yang akan diterapkan oleh peneliti adalah kualitatif. Pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis MC. Taggart. Penelitian ini bersifat kolaboratif karena melibatkan guru kelas V teman sejawat dan peneliti selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan CSM mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan sebesar 46 6 pada siklus I meningkat menjadi 67 3. Pada siklus II kembali meningkat menjadi 80 3. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan CSM dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Purwodadi 1 Malang. Selain meningkatkan hasil belajar CSM juga dapat meningkatkan aktivitas belajar. Untuk itu disarankan bagi guru dapat menjadikan Cognitive Style Mapping sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Bagi peneliti lanjut disarankan untuk dapat menerapkan CSM pada mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103866

Actions (login required)

View Item View Item