Penerapan model think talk write IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Siti Kumala Sari Djilfufin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model think talk write IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Siti Kumala Sari Djilfufin

Djilfufin, Siti Kumala Sari (2011) Penerapan model think talk write IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Siti Kumala Sari Djilfufin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Meningkatkan IPS TTW hasil belajar Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada tanggal 27 Februari dalam proses pembelajaran di kelas serta diskusi singkat yang dilakukan dengan guru mata pelajaran IPS kelas IV SDN Madyopuro 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang sesuai dengan nilai pretes dimana siswa tidak memenuhi standar ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil prestes nilai rata-rata 65 (65%). Setelah dipelajari sebanyak 8 (65%) siswa mencapai tahap penguasaan standar ketuntasan belajar mata pelajaran IPS. Sesuai dengan standar ketuntasan belajar kelas IV SDN Madyopuro 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang kelulusan belajar minimal di kelas 70%. Sesuai dengan hasil tersebut di atas maka dapat dikatakan pembelajaran IPS di kelas IV SDN Madyopuro 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang belum tuntas. Penelitian ini menggunakan model TTW untuk penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan Perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Standar nilai ketuntasan minimal 70 dengan ketuntasan belajar kelas 80% dari jumlah subyek penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru dan 45 siswa kelas IV SDN Madyopuro 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara APKG I dan II alat Penilaian aktivitas belajar siswa pedoman observasi partisipasi siswa dalam berdialog dan post test. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan beberapa hal berikut model think talk write IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 2 Kec. Kedungkandang Kota Malang IPS materi Pokok bahasan teknologi produksi siswa kelas IV SDN Madyopuro 2 untuk meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh siswa sebelum penerapan model TTW post test siklus I post test siklus II yang terus mengalami peningkatan. Saran. Sesuai dengan refleksi dari beberapa kesimpulan hasil pembahasan dapat disarankan sebagai berikut Mengidentifikasi kemampuan dari masing-masing siswa baik dalam prestasi karakteristik maupun kebiasaan siswa Menggunakan belajar kelompok kepada siswa agar termotivasi bagi pimpinan sekolah perlu memfasilitasi pembelajaran dengan menggunakan berbagai model terutama model TTW IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Madyopuro 2 Kecamatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103865

Actions (login required)

View Item View Item