Hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa di SDN Sumbersari 1 Kota Malang / Yudi Setiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa di SDN Sumbersari 1 Kota Malang / Yudi Setiyono

Setiyono, Yudi (2011) Hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa di SDN Sumbersari 1 Kota Malang / Yudi Setiyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Perpustakaan Minat Baca Pemanfaatan Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di SDN Sumbersari 1 Kota Malang pada tanggal 06 Februari 2011 didapatkan fakta pemanfaatan pepustakaan kurang optimal. Selain itu siswa hanya terfokus pada buku paket dan LKS sehingga minat baca siswa kurang optimal seharusnya guru memberikan tugas yang berhubungan dengan buku-buku yang ada di perpustakaan sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti ingin mengambil judul Hubungan Pemanfaatan Perpustakan Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di SDN Sumbersari 1 Kota Malang . Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh Siswa di SDN Sumbersari 1 Kota Malang (2) Mendeskripsikan minat membaca siswa di SDN Sumbersari 1 Kota Malang (3) Mendeskripsikan hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa terhadap minat membaca siswa di SDN Sumbersari 1 Kota Malang. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN Sumbersari 1 kota Malang mulai kelas IV hingga kelas VI yang berjumlah 68 siswa. Dilihat dari jumlah populasi yang hanya 68 siswa maka semua anggota populasi penulis jadikan sampel. Adapun instrumen dan pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan angket sedangkan analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikemukakan beberapa kesimpulan penelitian yaitu (1) pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa SDN Sumbersari 1 Kota Malang dapat dikategorikan baik dengan perolehan nilai maksimum 49 00 nilai minimum 30 00 dan nilai rata-rata 40 16 dengan nilai standar deviasi 4 95 (2) minat baca siswa SDN Sumbersari 1 Kota Malang dapat dikategorikan sangat tinggi perolehan nilai maksimum 97 00 nilai minimum 68 00 dan nilai rata-rata mencapai 84 75 dengan nilai standar deviasi 6.40 (3) terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa di SDN Sumbersari 1 Kota Malang dengan nilai koefisien korelasi product moment untuk Ry(Rata-rata) sebesar 0 326. Berdasarkan kesimpulan di atas dapat diberikan beberapa saran yaitu (1) Kepala Sekolah karena kepala sekolah memangku jabatan tertinggi di SDN Sumbersari 1Kota Malang maka perlu kiranya kepala sekolah memberikan saran dan kebijakan kepada guru kelas untuk mendorong dan membiasakan siswa memanfaatkan buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah serta mengalokasikan dana untuk menambah koleksi buku dan fasilitas lain yang diperlukan (2) Guru sekolah dasar bisa lebih memotivasi siswa membaca buku di perpustakaan sekolah dengan cara memberikan tugas sekolah yang berkaitan dengan buku-buku yang ada di perpustakaan (3) Peneliti Lanjut hasil penelitian hanya dilakukan di Sumbersari 1 Kota Malang. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian kembali dibeberapa sekolah yang mengalami kondisi serupa agar hasil yang diperoleh dapat berlaku secara umum dan dapat dijadikan pembanding bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103864

Actions (login required)

View Item View Item