Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas V SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Syamsia Siwa Siwan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas V SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Syamsia Siwa Siwan

Siwan, Syamsia Siwa (2011) Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas V SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Syamsia Siwa Siwan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan keterampilan Proses Pembelajaran IPA SD. Pendekatan keterampilan proses adalah pendekatan pembelajaran yang mengutamakan penerapan berbagai keterampilan memproses perolehan dalam pembelajaran itu. Berdasarkan hasil observasi awal di SDN Madyopuro 3 Kota Malang di temukan fakta bahwa dalam pembelajaran IPA di kelas V guru masih menggunakan metode konvensional dan tidak pernah menggunakan model pembelajaran yang lain. Rata-rata hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pra tindakan yaitu. 62 65 dan masih terdapat 31 siswa (65 9%) belum mencapai ketuntasan belajar individu yang telah ditetapkan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Madyopuro 3 (2) Aktivitas belajar siswa selama penerapan pendekatan keterampilan proses di kelas V SDN Madyopuro 3 (3) Hasil belajar IPA di kelas V SDN Madyopuro 3 setelah diterapkan pendekatan keterampilan proses. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan diskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan melalui dua siklus. Masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas V SDN Madyopuro 3 dengan jumlah siswa 47 yang terdiri dari 24 perempuan dan 23 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu. Observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dari siklus satu dan dua menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang ditandai dengan meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus satu aktivitas belajar siswa memiliki nilai rata-rata 70 21 sedangkan pada siklus dua aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 82 88. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I memiliki nilai rata-rata 65 95 dengan ketuntasan belajar 58% namun hasil tersebut belum memenuhi standar ketuntasan klasikal. Dan pada siklus II ternyata meningkat dengan nilai rata-rata 82 44 dengan ketuntasan belajar 100%. Hasil tersebut telah mencapai standar ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan pembelajaran IPA di kelas V SDN Madyopuro 3. Oleh karena itu agar aktivitas dan hasil belajar lebih meningkat maka di sarankan kepada guru hendaknya lebih banyak menguasai pendekatan pembelajaran khususnya pendekatan keterampilan proses serta lebih banyak memberikan motivasi dan perhatian kepada siswa melalui metode yang bervariasi dan inovatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103863

Actions (login required)

View Item View Item