Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Lesanpuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Jamina Limau - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Lesanpuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Jamina Limau

Limau, Jamina (2011) Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Lesanpuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Jamina Limau. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model pembelajaran problem solving aktivitas dan hasil belajar IPS SD. Latar belakang Ilmu pengetahuan IPS adalah wahana peningkatan mutu pembelajaran dalam mempersiapkan tenaga pendidikan IPS yang memiliki kompotensi yang provisional.pada siswa kelas III SDN Lesanpuro I Kota malang tanggal 28 Februari 2011 dengan model problem solving tema lingkungan materi pokok mengenal penggunaan uang sesuai kebutuhan dari 46 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 30 siswa perenpuan. Tujuan penelitian mendiskripsikan penerapan model problem solving pada IPS. Mendiskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam kelompok. Mendiskripsikan penigkatan hasil belajar pada siswa kelas III SDN Lesanpuro I Kota Malang. PTK model Kemmis dan Taggart penelitian adalah menigkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan model problem solving dengan tema Lingkungan dan materi pokok mengenal penggunaan uang sesuai kebutuhan.subjek penelitian siswa kelas III SDN Leanpuro I Kota Malang yang berjumlah 46 siswa. Pembahasan model problem solving terhadap IPS kelas III Lesanpuro I Kota Malang tema lingkungan materi pokok mengenal pengunaan uang sesuai kebutuhan aktivitas siswa dalam kelompok dengan mengunakan model problem solving hasil belajar siswa dari 46 siswa mengalami peningkatan niali pra tindakan 63 91% siklus I 80 00% siklus II 94 23. Aktivitas kelompok siklus I 72 50%.siklus II 72 58 % maka peneliti menyimpulkan bahwa peneliti telah berhasil melakukan penelitian sampai pada siklus II. Hasil penelitian pra tindakan siklus I siklusII meningkat dengan memperoleh nilai rata-rata pra tindakan 63 91% sedangkan hasil siklus I memiliki nilai rata-rata 80 00%.dan pada siklus II sangat meningkat menjadi 94 23% dari hasil yang di peroleh maka jelas bahwa hasil dari aktivitas siswa di nyatakan berhasil dan aktivitas siswa di dalam kelompok pada siklus I dan siklus II juga meningkat karena hasil yang di temukan pada siklus I adalah 72 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 72 58 %. Pada temuan peneliti terdapat beberapa permasalahn yang harus di atasi oleh peneliti di antaranya permasalahan di dalam kelas dan cara mengatasinya pada siklus I dan siklus II. Temuan lengkap dari 2 orang peneliti terdahulu. Kesimpulan peneliti menyimpulkan bahwa peneliti telah berhasil melakukan penelitian sampai pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103862

Actions (login required)

View Item View Item