Penerapan metode reflektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Madyopuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Angrita Winda Septory - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode reflektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Madyopuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Angrita Winda Septory

Septory, Angrita Winda (2011) Penerapan metode reflektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Madyopuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Angrita Winda Septory. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Reflektif aktivitas hasil belajar PKn Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan untuk menjadikan warga negara yang baik yaitu warga negara yang tahu mau dan sadar akan hak dan kewajibannya. Dengan demikian kelak siswa diharapkan dapat menjadi bangsa yang terampil dan cerdas dan bersikap baik serta mampu mengikuti kemajuan teknologi modern. Permasalahan yang dialami oleh para siswa kelas V SDN Madyopuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kemampuan siswa dalam berpikir. Sehingga perlu untuk diadakannya suatu tindakan yang lebih melibatkan siswa dalam pembelajaran yang juga berkaitan dengan kehidupan siswa sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode Reflektif dalam pembelajaran PKn di kelas V SDN Madyopuro 3 Malang (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa kelas V SDN Madyopuro 3 setelah diterapkannya metode Reflektif dalam pembelajaran PKn (3) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Madyopuro 3 melalui penerapan metode Reflektif pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Madyopuro 3 kecamatan Kedungkandang kota Malang yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes wawancara dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan yaitu dari nilai ratarata pada pra tindakan adalah 51 49 dengan 34 orang siswa (72 4%) yang belum mencapai kriteria ketuntasan dan 13 orang siswa (27 6%) yang sudah mencapai kriteria ketuntasan. Setelah menggunakan metode Reflektif nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 70 21 dan diperoleh hasil 15 orang siswa (31 9%) yang belum tuntas dan 32 siswa (68 1%) yang tuntas. Pada siklus II dari 47 siswa diperoleh hasil 42 siswa (89 4%) yang tuntas dan 5 siswa (10 6%) yang belum tuntas. Sedangkan untuk aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pada siklus I mencapai nilai rata-rata (73 3) dengan kualitas cukup baik dan meningkat menjadi (85 1) pada siklus II dengan kualitas baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Reflektif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Madyopuro 3 Malang disarankan agar guru dapat menerapkan metode Reflektif pada mata pelajaran PKn dalam upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103860

Actions (login required)

View Item View Item