Pet names: a genderlect used by young people to address best friend(s) / Aprilia Eva Winanta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pet names: a genderlect used by young people to address best friend(s) / Aprilia Eva Winanta

Winanta, Aprilia Eva (2017) Pet names: a genderlect used by young people to address best friend(s) / Aprilia Eva Winanta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Winanta A.E. 2017. Pet Names A Genderlect Used by Young People to Address Best Friend(s). Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Siusana Kweldju M. Pd. Drs. Arif Subiyanto M.A. Kata Kunci Nama Kesayangan Genderlect Sahabat Cara Memanggil Anak Muda. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana anak muda menggunakan panggilan kesayangan sebagai aspek genderlect untuk memanggil sahabat. Untuk mendapatkan hasil penilitian rumusan masalah dibuat untuk mencari kategori panggilan kesayangan yang digunakan oleh anak muda dalam memanggil sahabatnya dan frekuensi penggunaan panggilan tersebut. Data penelitian ini terkumpul dari 123 partisipan yang terdiri dari Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Negeri Malang dan Anggota Aktif Unit Kegiatan Mahasiswa Penulis UM menggunakan teknik sampel Purposive dan Snowballing dan metode triangulasi. Kemudian seluruh data tersebut dianalisi menggunakan teori Genderlect dan beberapa studi sebelumnya yang relevan terhadap topik bahasan. Hasil penelitian diatas menunjukkan bahwa ada dua kategori utama dalam penggunaan panggilan kesayangan tersebut (1) Panggilan kesayangan yang berhubungan dengan Animate (Humans Animals and Plants) dan (2) Inanimate (Language Features Objects Foods and Drinks Jobs and Names). Selain itu hasil pembasahan menunjukkan bahwa panggilan kesayangan yang berkaitan dengan Inanimate memiliki frekuensi tertinggi dalam penggunaannya dengan frekuensi 190 atau 74.80% partisipan sedangkan dalam Animate terdapat 64 atau 25.20% partisipan. Frekuensi terendah panggilan kesayangan yang digunakan adalah Inanimate yang berhubungan dengan Job yaitu 4 atau 1.57% sedangkan Animate 3 atau 0.78%. Seluruh hasil penielitian tersebut mendukung teori Genderlect dari Tannen (1990 5) yang menyatakan bahwa wanita lebih berkuasa dalam pembicaraan yang bersifat pribadi dengan menggunakan panggilan kesayangan yang ringan suara unik dan kreatif (Pitcher et al 2013 2). Di lain sisi laki-laki menggunakan panggilan kesayangan yang lebih sederhana seperti back channeling maupun nama asli untuk mempermudahnya. Penelitian ini juga mendukung Trudgil (2000 1) dan Holmes (2001 1) yang manyatakan bahwa penggunaan panggilan kesayangan diperngaruhi oleh latar belakang masing-masing partisipan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10386

Actions (login required)

View Item View Item