Penerapan model pembelajaran addie untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Edita Laian - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran addie untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Edita Laian

Laian, Edita (2011) Penerapan model pembelajaran addie untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Edita Laian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran ADDIE Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk membentuk siswa agar memiliki kemampuan dasar untuk berpikir kritis rasa ingin tahu menemukan memecahkan permasalahan dan memiliki keterampilan bekerjasama dalam kehidupan sosial. Selain itu siswa dituntut mampu berkomunikasi bekerjassama dan bersaing dengan sehat dalam masyarakat yang majemuk ditingkat lokal nasional maupun global. Permasalahan yang terjadi di kelas IV SDN Madyopuro 3 adalah rendahnya hasil belajar siswa kurangnya daya ingat atau hafalan pada siswa dan kerjasama siswa dalam belajar. Sehingga perlu adanya tindakan yang inovatif dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran . ADDIE dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi siswa kelas IV SDN Madyopuro 3 Kota Malang. (2) mengetahui apakah penerapan model ADDIE dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 3 Kota Malang dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan sosial. Rencana penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK) Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Madyopuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang berjumlah 43 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa yang merupakan pemahaman konsep IPS materi pokok perkembangan teknologi produksi secara klasikal mengalami peningkatan dari 60.93% pada pra tindakan menjadi 64.88% kemudian pada siklus I 80.11% menjadi 80.58% pada siklus II. Pembahasan pada hasil tujuan penelitian sebagai berikut (a) penerapan model pembelajaran ADDIE dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat membantu guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir serta mengerjakan soal-soal yang diberikan siswa pun senang dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. (b) penerapan model ADDIE dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan sosial terbukti pada ketuntasan belajar klasikal dengan menggunakan model pembelajaran ADDIE meningkat dari pra tindakan siklus I dan siklus II. Kesimpulan secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah model pembelajaran ADDIE diterapkan. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan mode pembelajaran ADDIE dalam mengajarkan mata pelajaran IPS. Bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan metode atau pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103859

Actions (login required)

View Item View Item