Penerapan teori J. Bruner untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pengurangan pecahan siswa kelas V SDN Tanjungrejo 5 Malang / Nanik Suryaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teori J. Bruner untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pengurangan pecahan siswa kelas V SDN Tanjungrejo 5 Malang / Nanik Suryaningsih

Suryaningsih, Nanik (2011) Penerapan teori J. Bruner untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pengurangan pecahan siswa kelas V SDN Tanjungrejo 5 Malang / Nanik Suryaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Teori J. Bruner aktivitas belajar hasil belajar pengurangan pecahan Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas VB SDN Tanjungrejo 5 Malang saat pembelajaran matematika berlangsung di dapatkan fakta bahwa minat siswa saat pembelajaran kurang siswa terlihat pasif merasa bosan selama pembelajaran. Selain itu berdasarkan hasil tes identifikasi masalah terbukti bahwa hasil belajar siswa pada materi pengurangan pecahan masih kurang. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran tidak menekankan pada aktifitas siswa untuk dapat menemukan sendiri pengetahuannya serta pembelajaran tidak menekankan pada pengetahuan konseptual dan pengetahuan prosedural. Untuk mengatasi hal tersebut perlu diadakan perbaikan dalam pembelajaran dengan menerapkan teori J. Bruner. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan teori J. Bruner pada pembelajaran matematika di kelas V SDN Tanjungrejo 5 Malang (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Tanjungrejo 5 Malang melalui penerapan teori J. Bruner (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pengurangan pecahan siswa kelas V SDN Tanjungrejo 5 Malang melalui penerapan teori J. Bruner. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VB SDN Tanjungrejo 5 Malang dengan prosedur (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) refleksi. Instrumen pada penelitian ini berupa pedoman observasi pedoman wawancara soal-soal tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori J. Bruner dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pengurangan pecahan siswa kelas V SDN Tanjungrejo 5 Malang. Hal ini ditandai dengan keaktifan siswa pada saat memanipulasi objek tentang pengurangan pecahan keberanian siswa bertanya dan mengemukakan pendapatnya. Peningkatan rata-rata aktivitas siswa dari siklus I dengan nilai 60 3 meningkat pada siklus II dengan nilai 80 2. Sedangkan peningkatan hasil belajar dari pra tindakan siklus I dan siklus II yaitu dari nilai rata-rata kelas pra tindakan 39 5 dengan ketuntasan belajar 33 3% meningkat menjadi 88 4 dengan ketuntasan belajar 95 2% dan pada siklus II meningkat menjadi 91 dengan ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan teori J. Bruner dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pengurangan pecahan siswa kelas V SDN Tanjungrejo 5 Malang. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan dapat melakukan pembelajaran dengan menerapkan teori J. Bruner pada materi lain yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103858

Actions (login required)

View Item View Item