Penerapan model pembelajaran apresiasi seni melalui telaah karya (ASMTK) untuk meningkatkan kemampuan mengapresiasi karya seni rupa pada siswa kelas V SDN Subersari II malang / Aditya Dwi Hanggara - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran apresiasi seni melalui telaah karya (ASMTK) untuk meningkatkan kemampuan mengapresiasi karya seni rupa pada siswa kelas V SDN Subersari II malang / Aditya Dwi Hanggara

Hanggara, Aditya Dwi (2011) Penerapan model pembelajaran apresiasi seni melalui telaah karya (ASMTK) untuk meningkatkan kemampuan mengapresiasi karya seni rupa pada siswa kelas V SDN Subersari II malang / Aditya Dwi Hanggara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran ASMTK kemampuan mengapresiasi karya seni rupa Kemampuan mengapresiasi karya seni rupa merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki setiap siswa dalam pembelajaran SBK khususnya seni rupa seperti yang tercantum dalam KTSP. Kompetensi mengapresiasi karya seni adalah kemampuan siswa dalam melakukan penikmatan atau tindak apresiasi terhadap hasil karya seni. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti pada kelas V SDN Sumbersari II Malang pada waktu pembelajaran SBK khususnya Seni Rupa didapatkan fakta bahwa kompetensi mengapresiasi karya seni tidak pernah diajarkan pada siswa. Untuk itu agar dapat memunculkan dan meningkatkan kemampuan apresiasi seni siswa perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran ASMTK (Apresiasi Seni Melalui Telaah Karya). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanakan model pembelajaran ASMTK pada mata pelajaran SBK khususnya seni rupa dengan materi Jenis Motif Hias Karya Seni Rupa Nusantara Daerah Setempat pada siswa kelas V SDN Sumbersari II Malang (2) mendeskripsikan peningkatkan kemampuan mengapresiasi karya seni rupa melalui penerapan model pembelajaran ASMTK pada mata pelajaran SBK khususnya seni rupa dengan materi Jenis Motif Hias Karya Seni Rupa Nusantara Daerah Setempat pada siswa kelas V SDN Sumbersari II Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sumbersari II Malang. Data penelitian yang berupa paparan tentang pelaksanakan model pembelajaran ASMTK pada mata pelajaran SBK khususnya seni rupa dengan materi Jenis Motif Hias Karya Seni Rupa Nusantara Daerah Setempat pada siswa kelas V SDN Sumbersari II Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi dan penilaian kinerja siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data tahap reduksi data tahap penyusunan/pemrosesan satuan tahap kategorisasi dan koding tahap pemeriksaan keabsahan data dan tahap penafsiran data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanakan pembelajaran ASMTK pada mata pelajaran SBK khususnya seni rupa dengan materi Jenis Motif Hias Karya Seni Rupa Nusantara Daerah Setempat pada siswa kelas V SDN Sumbersari II Malang berjalan sesuai rancangan model pembelajaran ASMTK dengan adanya variasi objek yang ditelaah yaitu dua dimensi dan tiga dimensi serta variasi kelompok diskusi diskusi. Selain itu juga terjadi peningkatkan kemampuan mengapresiasi karya seni rupa melalui penerapan model pembelajaran ASMTK pada mata pelajaran SBK khususnya seni rupa dengan materi Jenis Motif Hias Karya Seni Rupa Nusantara Daerah Setempat pada siswa kelas V SDN Sumbersari II Malang yaitu 80% pada siklus I naik menjadi 93 5% pada siklus II. Dalam pelaksanakan model pembelajaran ASMTK ini seyogyanya guru melakukan hal berikut (1) memberikan penjelasan tujuan pembelajaran dan fungsi masing-masing anggota kelompok secara jelas (2) memberikan peta konsep terkait materi yang akan diberikan (3) memberikan penekanan kepada siswa agar memperhatikan pelajaran mulai dari awal hingga akhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103857

Actions (login required)

View Item View Item