Peningkatan kemampuan membaca dengan menggunakan strategi know-want to know-learned (KWL) pada siswa kelas IV SDN kauman 2 Kecamatan Klojen Kota Malang / Fransiskus Xaverius Kelbulan - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca dengan menggunakan strategi know-want to know-learned (KWL) pada siswa kelas IV SDN kauman 2 Kecamatan Klojen Kota Malang / Fransiskus Xaverius Kelbulan

Kelbulan, Fransiskus Xaverius (2011) Peningkatan kemampuan membaca dengan menggunakan strategi know-want to know-learned (KWL) pada siswa kelas IV SDN kauman 2 Kecamatan Klojen Kota Malang / Fransiskus Xaverius Kelbulan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi Know Want to Know Learned Membaca SD. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan wali kelas IV diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas tersebut diantaranya 1) Kegiatan pembelajaran pada umumnya dilakukan dengan ceramah sangat jarang dilakukan dengan praktikum atau demonstrasi 2) Keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah 3) lingkungan sekolah yang kecil 4) kemampuan siswa masih rendah. Salah satu indikator yang menunjukan kemampuan berpikir masih rendah tersebut adalah siswa jarang menyampaikan pendapat atau mengajukan pertanyaan maupun menjawab pertanyaan guru dan merasa takut pada saat mau memberikan tanggapan atau pendapat atas masalah yang diajukan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah (a) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam Membaca melalui strategi KWL di kelas IV SDN Kauman 2 Kecamatan Klojen Kota Malang. (b) Medeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca melalui strategi KWL di kelas IV SDN Kauman 2 Kecamatan Klojen Kota Malang. (c) Mendeskripsikan hasil belajar yang dicapai untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca melalui strategi KWL di kelas IV SDN Kauman 2 Kecamatan klojen Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilikukan secara bersiklus di mana pada siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan pada siklus II dilaksanakan juga dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (a) observasi (b) wawancara (c) tes. Penelitian ini dilakukan di SDN Kauman 2 Kecamatan Klojen Kota Malang. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kauman 2 yang berjumlah 48 siswa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan siklus I rata-rata proses belajar siswa secara klasikal adalah 61 76% dikategorikan cukup baik dan pada siklus II meningkat dari 61 76% menjadi 80 58% sehingga dikategorikan baik sekali. Dari peningkatan kemampuan siswa dalam membaca pada siswa kelas IV SDN Kauman 2 Kecamatan Klojen juga mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan siklus I rata-rata kelas 62 53 dan siklus II meningkat menjadi 77 93. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Know Want to Know Learned dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pada siswa kelas IV SDN Kauman 2 Kecamatan Klojen Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan guru hendaknya mau menerima dan menggunakan strategi Know Want to Know Learned dalam membelajarkan siswa di kelas rendah maupun kelas tinggi demi pengembangan mutu pendidikan di sekolah pada umumnya dan kelas pada khususnya. Sekolah hendaknya menjadi fasilitator yang selalu memperhatikan keperluan yang mendukung terjadinya interaksi pendidikan yang baik di sekolah umumnya dan kelas pada khususnya. Menciptakan suasana lingkungan belajar yang kondusif dengan warga sekolah maupun masyarakat yang berada di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103854

Actions (login required)

View Item View Item