Penerapan model CTL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kauman 2 Kecamatan Klojen Kota Malang / Adrianus Seridity - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model CTL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kauman 2 Kecamatan Klojen Kota Malang / Adrianus Seridity

Seridity, Adrianus (2011) Penerapan model CTL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kauman 2 Kecamatan Klojen Kota Malang / Adrianus Seridity. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model CTL Aktivitas Belajar Hasil Belajar IPS SD. Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk membentuk siswa agar memiliki kemampuan dasar untuk berpikir kritis rasa ingin tahu menemukan memecahkan permasalahan dan memiliki keterampilan bekerjasama dalam kehidupan sosial. Selain itu siswa juga dituntut mampu berkomunikasi bekerjasama dan bersaing dengan sehat dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal nasional maupun global. Permasalahan yang terjadi di kelas IV SDN Kauman 2 Klojen adalah 1) kegiatan pembelajaran yang pada umumnya di lakukan dengan ceramah Tanya jawab dan pemberian tugas 2) sangat jarang menggunakan media pembelajaran salah satu indikator yang menunjukan kemampuan berpikir siswa masih rendah tersebut adalah siswa jarang menyampaikan pendapat atau mengajukan pertanyaan maupun menjawab pertanyaan guru dan merasa takut pada saat mau memberikan memberikan pendapat atau tanggapan terhadap masalah yang diajukan oleh guru sehingga perlu adanya tindakan yang inovatif dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kauman 2 Klojen yang mencakup pemahaman konsep dan kemampuan kerjasama antara siswa. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran CTL. CTL terdiri atas tujuh komponen antara lain konstruktivisme Quastioning/bertanya Inquiri/menemukan Learning Community/masyarakat belajar Modeling/pemodelan Relection/umpan balik dan Authentic/penilaian sebenarnya. Pembelajaran dilakasanam pada mata pelajaran IPS khususnya materi pokok Memahami Pentingnya Koperasi Rancangan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kauman 2 Kecamatan Klojen Kota Malang yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut aktivitas dan hasil belajar siswa yang merupakan pemahaman konsep IPS materi pokok Memahami Pentingnya Koperasi secara klasikal mengalami peningkatan dari 72.50 % pada pra tindakan menjadi 81.91 % kemudian menjadi 82 50 % pada siklus II. Hasil belajar berupa keterampilan proses bekerjasama meningkat dari 81.25 % pada siklus I kemudian mengalami peningkatan menjadi 93.75 % pada siklus II. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah pembelajaran kooperatif model CTL Diterapkan. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pembelajaran kooperatif dalam mengajarkan mata pelajaran IPS. Bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan metode atau pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103852

Actions (login required)

View Item View Item