Peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi naskah drama melalui metode sosiodrama kelas IV SDN Loderesan Tulungagung / Ayu Hariyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi naskah drama melalui metode sosiodrama kelas IV SDN Loderesan Tulungagung / Ayu Hariyanto

Hariyanto, Ayu (2011) Peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi naskah drama melalui metode sosiodrama kelas IV SDN Loderesan Tulungagung / Ayu Hariyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Menceritakan Kembali Sosiodrama SD Kegiatan pembelajaran di SDN Loderesan Tulungagung sebagian besar siswanya masih pasif. Penyerapan materi pelajaran juga belum optimal dan nilai rata-rata kelas masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang nilainya dibawah standart nilai ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu minimal mendapatkan 70 pada setiap mata pelajaran. Pada Pra Tindakan siswa yang mendapatkan nilai 30 (20%) sebanyak 4 siswa yang mendapat nilai 40 sebanyak 6 siswa (30%) yang mendapatkan nilai 50 (15%) dan 2 siswa mendapatkan nilai 60 (10%). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dampak peningkatan kemampuan menceritakan kembali siswa kelas IV SDN Loderesan Tulungagung (2) Mendeskripsikan pembelajaran sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan menceritakan kembali siswa kelas IV di SDN Loderesan Tulungagung. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Paparan data berupa RPP pelaksanaan pembelajaran menceritakan kembali aktivitas siswa dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah istrumen observasi dokumentasi serta wawancara. Hasil penelitian kemampuan menceritakan kembali melalui metode sosiodrama ini dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Loderesan Tulungagung. Perolehan hasil yang meningkat dapat ditunjukkan melalui nilai rata-rata 63 pada siklus I dan 72 5 pada siklus II. Pada hasil observasi penilaian kegiatan guru pada siklus I APKG I skornya 50 sedangkan dalam siklus I APKG 2 skornya 68 3. Skor yang diperoleh pada APKG 1 dan 2 pada siklus II adalah 88 5. Dalam hal ini penelitian kegiatan guru mengalami peningkatan yang cukup baik dari sebelumnya. Selain mengobservasi kegiatan guru tingkat kerjasama siswa dalam kelompok juga cukup baik dengan skor 6 7. Kemampuan menceritakan kembali melalui metode sosiodrama dapat ditingkatkan dengan (1) siswa untuk menghadapi situasi yang sebenarnya (2) melatih praktek berbahasa lisan secara intensif (3) memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi (4) meningkatkan pemahaman dan kepekaan terhadap orang atau situasi yang tidak akrab bagi siswa dan (5) anak lebih berani dalam mengungkapkan pendapatnya. Dalam hal ini guru sebaiknya lebih kreatif dalam mengajar agar siswa tidak mudah jenuh dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103851

Actions (login required)

View Item View Item