Penerapan metode inkuiri sosial untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri Sukoharjo 2 Kota Malang / Nasrum Lagulagu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode inkuiri sosial untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri Sukoharjo 2 Kota Malang / Nasrum Lagulagu

Lagulagu, Nasrum (2011) Penerapan metode inkuiri sosial untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri Sukoharjo 2 Kota Malang / Nasrum Lagulagu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Inkuiri Sosial Aktvitas dan Hasil Belajar PKn SD. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV pada mata pelajaran PKn dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Sukoharjo 2 Kota Malang dapat diketahui beberapa permasalahan yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga berpengaruh pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari metode yang digunakan yaitu ceramah dan pemberian tugas disamping itu guru tidak menggunakan media. Nilai rata-rata siswa kelas IV masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 66%. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan metode inkuiri sosial (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk mengumpulkan data menggunakan instrumen 1) observasi 2) wawancara 3) soal tes 4) dokumentasi. yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SDN Sukoharjo 2 Kota Malang. Semester genap tahun ajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode inkuiri sosial dalam pembelajaran PKn dapat berjalan dengan baik karena dapat mendorong siswa sehingga aktivitas dan hasil belajar semakin meningkat nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 40 67% dan siklus II menjadi 57 95% peningkatan disini mencapai 17 21%. Untuk hasil belajar siswa ketuntasan pada siklus I sebesar 68 9% dan siklus II meningkat menjadi 78 7% peningkatan disini sebesar 9 8%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri sosial dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukoharjo 2 Kota Malang. Dan disarankan agar dalam proses belajar mengajar guru menggunakan metode inkuiri sosial untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian selanjutnya diharapkan lebih bervariatif kegiatan yang dilakukan siswa sehingga kegiatan menghafal semakain berkurang diganti dengan berbuat dan hasilnya bisa diaplikasikan siswa dalam kehidupannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103849

Actions (login required)

View Item View Item