Penerapan model pembelajaran ADDIE untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA mata pelajaran IPS SDN Madyopuro 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Rika Sonya Malagwar - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran ADDIE untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA mata pelajaran IPS SDN Madyopuro 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Rika Sonya Malagwar

Malagwar, Rika Sonya (2011) Penerapan model pembelajaran ADDIE untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA mata pelajaran IPS SDN Madyopuro 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Rika Sonya Malagwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ADDIE. Model pembelajaran ADDIE terdiri atas lima tahap/fase yaitu (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Pembelajaran dilaksanakan pada mata pelajaran IPS khususnya materi pokok Tokoh-tokoh Perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Rencana penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemmis Taggart yaitu (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi dan (4) Refleksi disetiap siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Madyopuro 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Tokoh-tokoh Perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia secara klasikal mengalami peningkatan dari 56 82% pada pra tindakan menjadi 63 90% pada siklus I. kemudian dari 63 90% pada siklus I kemudian mengalami peningkatan menjadi 80 24% pada siklus II. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah Model pembelajaran ADDIE diterapkan. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan Model pembelajaranADDIE dalam mengajarkan mata pelajaran IPS. Bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan Model pembelajaran ADDIE ADDIE dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA mata pelajaran IPS SDN Madyopuro 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dimna model ini lebih mengefektifkan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang di buat serta guru dapat memahami kebutuhan siswa. Model Pembelajaran ADDIE Hasil Belajar IPS SD.pada mata pelajaran IPS maupun mata pelajaran yang lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 13 Februari 2011 dan pretes yang peneliti lakukan pada tgl 14 Februari 2011 pada jam sekolah berlangsung ditemukan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswanya masih rendah yaitu rata-rata skor yang diperoleh 56 41% dan belum mencapai Standar Ketuntasan Minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 64 76 %. Setelah diselediki lebih lanjut tentang metode yang digunakan oleh wali kelas V SDN Madyopuro 1 dalam proses pembelajaran ditemukan bahwa guru kurang mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran artinya siswa kurang diberi kesempatan untuk bertanya sehingga guru lebih aktif dibanding siswa. Guru kurang menggunakan media yang di rancang sendiri tetapi menggunakan media yang sudah jadi. Penelitian tindakan kelas ini diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Madyopuro 1. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103848

Actions (login required)

View Item View Item