Parany, Moh. Ramli Daeng (2011) Penerapan model induktif kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi di kelas IV SDN Kauman II Kecamatan Klojen kota Malang / Moh. Ramli Daeng Parany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model pembelajaran induktif kata bergambar peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi. Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis masih rendah hal itu disebabkan oleh dalam menulis penempatan huruf besar dan kecil tidak teratur dan penggunaan tanda bacapun belum maksimal siswa kurang mampu menggunakan dan memilih kata dalam menuangkan buah pikirannya sesuai gambar isi kalimat relatif belum menggambarkan topik dan kalimat satu dengan kalimat yang lain tidak sinambung paragraf yang satu dengan paragraf yang lain belum koheren. Hal ini disebabkan karena guru belum berpikir untuk menggunakan model pembelajaran yang dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan siswa dalam menulis dan pembelajaran yang dilaksanakan lebih berpusat pada guru serta guru cenderung hanya menilai kemampuan siswa terhadap isi tulisan sedangkan teknik penulisan siswa tidak diperhatikan untuk diperbaiki. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran induktif kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi di kelas IV SDN Kauman II (2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi di kelas IV SDN Kauman II. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan bersiklus model Kemmis dan McTaggart meliputi perencanaan (planning) tindakan (acting) pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting). Kancah dan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kauman II Kec. Klojen Kota Malang berjumlah 48 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 27 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran induktif kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi di kelas IV SDN Kauman II Kec. Klojen Kota Malang. Peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan ditandai dengan (1) terterapkannya model pembelajaran induktif kata bergambar (2) penempatan huruf dan tanda baca sudah maksimal karena guru memparbaiki hasil karangan siswa (3) siswa sudah dapat menggunakan dan memilih kata dalam menuangkan pikirannya sesuai gambar karena dalam pelaksanaan pembelajaran guru sudah menampilkan gambar dan membuat garis merentang dari gambar ke objek kata yang menggambarkan pokok pikiran (4) kalimat yang satu dengan kalimat yang lain serta paragraf sudah i sinambung sebab dalam pembelajaran guru sudah mengarahkan siswa menulis karangan deskripsi sesuai gambar dan kata yang sudah disiapkan. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran induktif kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi di kelas IV SDN Kauman II Kec. Klojen Kota Malang disarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran induktif kata bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103847 |
Actions (login required)
View Item |