Penerapan model pembelajaran telaah yurisprudensi inquiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SDN Sukoharjo 2 Kota Malang / Husin Voth - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran telaah yurisprudensi inquiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SDN Sukoharjo 2 Kota Malang / Husin Voth

Voth, Husin (2011) Penerapan model pembelajaran telaah yurisprudensi inquiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SDN Sukoharjo 2 Kota Malang / Husin Voth. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Telaah yurisprodensi inquiri Aktivitas dan hasil belajar IPS SD Pembelajaran konvensional dalam proses belajar mengajar kurang memberi kesempatan siswa untuk bertanya dan mengutarakan pendapat. Model pembelajaran harus memberikan kesempatan kepada siswa terdorong untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan model Telaah Yurisprodensi Inquiri pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Sukoharjo 2 (2) Apakah model pembelajaran telaah yurisprodensi Inquri dapat meningkatkan Aktivitas belajar siswa kelas V pada pelajaran IPS SDN Sukoharjo 2 (3) Apakah Model Pembelajaran Telaah Yurispodensi Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada matapelajaran IPS SDN Sukoharjo 2 Kota Malang. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Sukoharjo 2 Kota Malang berjumlah 40 orang dengan komposisi siswa laki-laki 22 dan 18 orang siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah dengan memberikan post-test pada setiap akhir siklus dan observasi pada saat proses belajar mengajar berlangsung serta wawancara setelah kegiatan belajar mengajar di kelas. Analisis data kuantitatif untuk mendiskripsikan karakteristik hasil tes belajar siswa dan analisis kualitatif untuk hasil aktivitas siswa melalui lembar observasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari data lapangan Semangat partisipasi dan aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran siklus I pertemuan pertama dengan skor tertinggi 80.00% pada siklus I dengan kualiatas cukup baik dan siklus I pertemuan kedua degan skor 83 5% dengan kualitas baik dan meningkat menjadi 90 0% pada siklus II dengan kualitan sangat baik. Hasil skor aktivitas kemampuan guru dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I sebesar 94 04% meningkat menjadi 96 42% pada siklus II.Sedengkan peningkatan hasil belajar siswa sebelum penelitian tindakan sebesar 59 12%.pada presentasi rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama 67.60 % dan pertemuan kedua 73 8%. presentasi rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 83 5 % dari skor ideal 100.kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Telaah Yurisprodensi Inquiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V SDN Sukoharjo 2 Kota Malang. Saran yang diberikan yaitu bagi guru diantaranya (a) menerapkan model pembelajaran Telaah Yurisprodensi Inquiri sebagai alternatif model pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran (b) melakukan persiapan yang matang sebelum penerapan model pembelajaran Telaah Yurisprodensi Inquiri pada pembelajaran dan (c) memilih model pembelajaran yang sesuai dan efektif agar pembelajaran IPS dapat terlaksana dengan optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103845

Actions (login required)

View Item View Item