Penerapan model pembelajaran assure pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belakar siswa kelas V SD Negeri Sukoharjo 2 Kota Malang / Muhammad Amin Yusuf - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran assure pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belakar siswa kelas V SD Negeri Sukoharjo 2 Kota Malang / Muhammad Amin Yusuf

Yusuf, Muhammad Amin (2011) Penerapan model pembelajaran assure pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belakar siswa kelas V SD Negeri Sukoharjo 2 Kota Malang / Muhammad Amin Yusuf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran IPS SD Model ASSURE Aktivitas dan Hasil Belajar. Pembelaran IPS selama ini masih banyak kelemahan sehingga prestasi maupun hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran IPS lebih menekankan pada penguasaan sejumlah peristiwa fakta konsep (menghafal) serta cara pembelajaran disekolah yang belum mengarah kepada pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS. Salah satu model yang diprediksi mampu mengembangkan potensi siswa tersebut adalah dengan model pembelajaran ASSURE. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menerapkan model pembelajaran ASSURE dalam pembelajaran IPS yang mencakup tujuan model ASSURE pembelajaran IPS tujuan pembelajaran IPS dan meningkatkan aktivitas belajar yang mencakup kegiatan dalam proses pembelajran serta hasil belajar siswa kelas V SDN Sukoharjo 2 Kota Malang. Jenis rancangan penelitian ini adalah PTK model Suharsimi Arikunto dkk (2010) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan aktivitas dan hasil diperoleh dengan menggunakan instrumen pengumpulan data seperti tes tulis lembar observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Penerapan model pembelajaran ASSURE Pada Mata Pelajaran IPS dapat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Sukoharjo 2 Kota Malang. Hal ini terbukti pada pra tindakan rata-rata hasil belajar siswa 57 875(kurang) siklus I rata-rata hasil belajar siswa 70 77(baik). Dapat dinyatakan bahwa 28 dari 40 siswa telah mencapai KKM atau sebesar 70% siswa telah mencapai ketuntasan klasikal. Dalam penerapan model pembelajaran ASSURE pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Sukoharjo 2 sesuai temuan yang dilakukan peneliti ternyata dapat merubah pola belajar siswa khususnya pada aktivtas dan hasil belajar. Dari semua itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ASSURE dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sukoharjo 2 Kota Malang. Dan saran yang dapat diberikan yaitu agar dalam proses belajar mengajar hendaknya guru menggunakan model pembelajaran khususnya model ASSURE untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian selanjutnya diharapkan bisa lebih bervariasi kegiatan yang dilakukan siswa sehingga kegiatan siswa menghafal semakin berkurang diganti berbuat dan hasilnya bisa diaplikasikan siswa dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103844

Actions (login required)

View Item View Item