Penerapan model advance organizer untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Lesanpuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Windasari Waly - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model advance organizer untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Lesanpuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Windasari Waly

Waly, Windasari (2011) Penerapan model advance organizer untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Lesanpuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Windasari Waly. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model pembelajaran advance organizer peningkatan keterampilan berbicara. Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan berbicara siswa masih lemah siswa tidak tahu apa yang harus mereka tanggapi siswa takut salah. Hal itu disebabkan karena guru tidak menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penerapan model pembelajaran advance organizer dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Lesanpuro I (2) mendeskripsikan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Lesanpuro I Kec. Kedungkandang Kota Malang melalui model pembelajaran advance organizer. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan bersiklus model Kemmis dan McTaggart meliputi perencanaan (planning) pelaksanaan tindakan dan observasi (acting observing) refleksi (reflecting) dan rencana perbaikan (revise plan). Kancah dan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Lesanpuro I Kec. Kedungkandang kota Malang berjumlah 42 siswa yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara catatan lapangan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran advance organizer dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas V SDN Lesanpuro I Kec. Kedungkandang Kota Malang. Peningkatan kemampuan berbicara ditandai dengan (1) terterapkannya model pembelajaran advance organizer (2) siswa sudah berani memberikan tanggapan atau pendapatnya terhadap peristiwa yang didengar dibaca dan dilihat sebab siswa sudah tahu apa yang harus mereka tanggapi dan bagaimana cara memberikan tanggapan. Hasil kemampuan berbicara siswa pada (1) pra tindakan sebesar 47 2% (2) keterampilan berbicara siswa pada siklus I sebesar 90 5% dan (3) keterampilan berbicara pada siklus II sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran advance organizer dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Lesanpuro I Kec. Kedungkandang Kota Malang disarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran advance organizer pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103841

Actions (login required)

View Item View Item