Penerapan pembelajaran model problem based instruction (PBI) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Fedelfina Djabumir - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran model problem based instruction (PBI) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Fedelfina Djabumir

Djabumir, Fedelfina (2011) Penerapan pembelajaran model problem based instruction (PBI) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Fedelfina Djabumir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Problem Based Instructions proses pembelajaran dan hasil belajar Ilmu pengetahuan sosial merupakan sebuah mata pelajaran yang mempelajari tentang hubungan antara manusia dan dunia sekitarnya. Melalui pendidikan siswa di bekali dengan pengetahuan keterampilan sikap dan nilai serta bagaimana bertindak. Pada pembelajaran IPS masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan bagi siswa. Tidak jarang hasil belajar IPS yang diperoleh siswa masih rendah. Selain itu kemampuan siswa dalam memecahkan masalah masih kurang. Dapat memperbaiki pembelajaran inovatif yaitu menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggungkapkan (1) Penerapan model pembelajaran PBI dapat meningkatkan proses belajar IPS (2) Penerapan pembelajaran PBI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang di peroleh dalam penelitian ini meliputi data pelaksanaan pembelajaran pada tahap pra tindakan dan pelaksanaan penelitian dengan menerapkan PBI dan data hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi wawancara tes dokumentasi (foto). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pembelajaran masih bersifat konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru (2) Hasil belajar pada pembelajaran IPS masih presentasi nilai rata-rata kelas 70 98% dari 46 siswa dengan tingkat keberhasilan siswa mencapai 28 26% dan tingkat ketidak berhasilan siswa mencapai 71 74% (3) Penerapan model pembelajaran IPS sesuai dengan kerjasama siswa pada model pembelajaran PBI (4) Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh presentasi rata-rata kelas 75 % sedangkan siklus II 85% (5) Siklus II presentasi keberhasilan secara klasikal dari 75% menjadi 85% dengan peningkatan 15 2%. Berdasarkan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Madyopuro 5 Malang Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Berdasarkan penelitian ini disarankan hendaknya guru dapat memilih dan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103840

Actions (login required)

View Item View Item