Penerapan model pembelajaran clis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Pisangcandi II malang / Akbar Tanjung M. D. A. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran clis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Pisangcandi II malang / Akbar Tanjung M. D. A.

Tanjung M. D. A., Akbar (2011) Penerapan model pembelajaran clis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Pisangcandi II malang / Akbar Tanjung M. D. A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci CLIS Pembelajaran IPA SDN Pisangcandi II Malang Dari hasil observasi dan wawancara dengan guru diperoleh temuan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu (1) pembelajaran yang dilakukan guru kurang variatif dan (2) siswa pasif dalam pembelajaran. Kelemahan tersebut menyebabkan nilai rata-rata hasil evaluasi mata pelajaran IPA rendah yaitu 58 46. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model CLIS dalam meningkatkan proses pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Pisangcandi II Malang (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar IPA siswa kelas III SDN Pisangcandi II Malang melalui model CLIS (3) Mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Pisangcandi II Malang melalui model CLIS. Penelitian ini dilakukan di SDN Pisangcani II Malang dengan subyek siswa kelas III sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini difokuskan pada penerapan pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Pisangcandi II Malang melalui model Children s Learning in Science (CLIS). Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan menggunakan alur penelitian Kemmis dan MC. Taggart (dalam Akbar 2009). Tahapan dalam setiap siklusnya terdiri atas planning-perencanaan acting-tindakan observing-observasi atau pengamatan reflecting-refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa data observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pembelajaran melalui model CLIS semakin meningkat dari tiap pertemuan pada masing-masing siklus. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 76. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 90. Pembelajaran dengan menggunakan model CLIS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 57 88 meningkat menjadi 66 42 pada siklus II. Pembelajaran dengan menggunakan model CLIS juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada pre test diperoleh rata-rata nilai 58 46 meningkat menjadi61 73 pada siklus I dan meningkat menjadi 78 84 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan dapat disimpulkan bahwa model CLIS dapat meningkatkan pembelajaran IPA selain itu juga meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Pisangcandi II Malang serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Pisangcandi II Malang Standar Kompetensi Memahami kenampakan permukaan bumi cuaca dan pengaruhnya bagi manusia serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam .Untuk itu disarankan perlu adanya penelitian lebih lanjut dalam rangaka meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar dengan menggunakan model CLIS dan menggunakan media yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103839

Actions (login required)

View Item View Item