Djontar, Markus Marthen (2011) Pemanfaatan metode drill untuk meningkatkan apresiasi puisi pada siswa kelas IV c SDN Klojen kota Malang / Markus Marthen Djontar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Metode Drill Meningkatkan Apresiasi Puisi di SD Pembelajaran Apresiasi puisi merupakan bagian dari pembelajaran sastra Apresiasi puisi merupakan kegiatan menghayati suatu puisi yang melibatkan aktifitas berfikir yang bersifat estetis dan imajinatif pembelajaran Apresiasi puisi adalah proses yang dilakukan guru untuk membelajarkan siswa yang diselenggarakan untuk memperoleh pengetahuan tentang Apresiasi puisi. Tujuan pembelajaran apresiasi puisi sesuai dengan kurikulum. RRP yang disusun guru terdiri dari kompetensi dasar hasil belajar tujuan pemilihan materi dan media perencanaan prosedur pembelajaran dan perencanaan penilaian hasil belajar dirumuskan guru sesuai dengan kompetensi dasar dan tujuan yang disusun oleh guru. Rencana pada kegiatan awal sangat terfokus pada tujuan pembelajaran adanya itentitas Tanya jawab pemberian model kelompok belajar kegiatan inti yang disusun guru atau peneliti teknik model kelompok belajar rencana kegiatan akhir yang dirumuskan guru dengan melakukan kesimpulan dan refleksi memberikan evaluasi pada siswa memberikan kesan dan saran serta memberikan tugas atau motivasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran perencanaan penilaian terdiri dari hasil penilaian proses. Maka hasil dalam peningkatan metode drill dapat meningkat hasil pembelajaran siswa baik dari siklus I sampai dengan siklus II. Hasil belajar yang di peroleh siswa selama guru/peneliti melakukan penelitian mencapai hasil sebagai berikut yaitu dari pra tindakan siklus I sampai dengan siklus II. Pra tindakan mencapai skor total 2298 dengan hitungan rata-rata 71 78% jika dibandingkan dengan siklus I pertemuan pertama mencapai skor total 1490 dengan hitungan rata-rata 46 56% hal ini kemampuan mengapresiasi puisi dan menentukan rima belum mencapai standar dan siklus I ipertemuan kedua mencapai skor total 2098 dengan hitungan rata-rata 65 56% tapi dilihat dari hasilnya belum begitu baik maka dilanjutkan pada siklus II pertemuan pertama mencapai skor total 2298 dengan hitungan rata-rata 71 81% dan pertemuan kedua mencapai skor total 2335 dengan hitungan rata-rata 83 39%. Jadi dibandingkan dengan siklus I dengan siklus II maka hasil dari siklus II sudah mencapai standar ketuntasan. Hasil belajar ini dapat disarankan agar guru melaksanakan penilaian proses dan penilaian hasil yang telah dituliskan dalam RPP penilaian proses ini bertujuan untuk membantu hasil prestasi siswa dalam pembelajaran. Kesimpulan hasil belajar ini sangat baik untuk diharapkan pada guru bidang study agar selalu memberikan dorongan pada siswa dalam belajar agar hasil lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |