Upaya meningkatkan pembelajaran IPA menggunakan model problem based instruction (PBI) siswa kelas IV SDN Madyopuro V Kecamatan Kedungkandang kota Malang / Lisa Sedubun - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan pembelajaran IPA menggunakan model problem based instruction (PBI) siswa kelas IV SDN Madyopuro V Kecamatan Kedungkandang kota Malang / Lisa Sedubun

Sedubun, Lisa (2011) Upaya meningkatkan pembelajaran IPA menggunakan model problem based instruction (PBI) siswa kelas IV SDN Madyopuro V Kecamatan Kedungkandang kota Malang / Lisa Sedubun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran IPA Problem Based Instruction Penelitian ini berawal dengan adanya observasi dengan pihak SDN Madyopuro V Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang dilakukan pada tanggal 22 Februari 2011 menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang sering digunakan adalah ceramah. Saat pembelajaran berlangsung siswa masih kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Rerata hasil belajar siswa yaitu 60 29. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah dan belum mencapai Standar Ketuntasan Minimal. Dengan adanya permasalahan tersebut maka dilakukan sebuah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Problem Based Instruction. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup penerapan model Problem Based Instruction aktivitas belajar siswa dan hasil belajar melalui model Problem Based Instruction. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Adapun tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Model rancangan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah model kolaboratif partisipatoris. Pada Kompetensi Dasar menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan model Problem Based Instruction untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Madyopuro V Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukan dengan adanya perolehan keberhasilan guru dalam menerapkan model Problem Based Instruction Pada siklus I pertemuan I jumlah presentasenya adalah 70% sedangkan pada siklus I pertemuan II meningkat dengan jumlah presentasenya 90% dan pada siklus II pertemuan I nilai yang didapatkan semakin meningkat jumlah nilai presentasenya adalah 95% selanjutnya pada pertemuan II sangat mengalami peningkatan dengan jumlah skor yaitu 20 dan nilai presentasenya adalah 100% sehingga dapat dipahami bahwa proses penerapan PBI mengalami peningkatan. I pertemuan I jumlah yang diperoleh adalah 198 dengan nilai rata-rata adalah 39 6 sedangkan pada pertemuan II jumlah skor yang didapatkan adalah 290 dengan nilai rata-rata adalah 58. Dan pada siklus II pertemuan I semakin meningkat dimana jumlah skor adalah 399 dengan nilai rata-rata adalah 79 8 dan pada pertemuan II jumlah skor adalah 510 dengan nilai rata-rata adalah 102. Selanjutnya hasil belajar pada pra tindakan jumlah nilai yang didapatkan yaitu 2050 dengan rata-rata nilai 60 29. Mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan I dengan jumlah nilai 2275 dan jumlah rata-ratanya adalah 66 91. Selanjutnya pada siklus I pertemuan II jumlah nilai 2510 dan nilai rata-ratanya adalah 73 82 selanjutnya hasil belajar siswa lebih meningkat pada siklus II dimana pertemuan I nilai yang didapat adalah 2880 dengan rata-rata nilai adalah 84 70 dan pada siklus II pertemuan II jumlah nilai adalah 3030 dengan nilai rata-rata adadalah 92 05 sehingga dapat dikatakan bahwa siswa sudah mencapai ketuntasan belajar sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Madyopuro V Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Untuk itu disarankan agar guru menerapkan model Problem Based Instruction dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103837

Actions (login required)

View Item View Item