Meningkatkan pembelajaran IPA menggunakan pendekatan contextual teaching and learning siswa kelas VB SDN Madyapuro 4 Kecamatan Kedungkandang kota Malang / Paulina Karam - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan pembelajaran IPA menggunakan pendekatan contextual teaching and learning siswa kelas VB SDN Madyapuro 4 Kecamatan Kedungkandang kota Malang / Paulina Karam

Karam, Paulina (2011) Meningkatkan pembelajaran IPA menggunakan pendekatan contextual teaching and learning siswa kelas VB SDN Madyapuro 4 Kecamatan Kedungkandang kota Malang / Paulina Karam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran IPA Contextaul Teaching And Learning Sesuai hasil observasi yang dilakukan di SDN Madyopuro 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang pada tanggal 20 Februari 2011 menunjukkan bahwa pembelajaran yang sering dilakukan adalah ceramah. Saat pembelajaran berlangsung siswa masih kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Rata-rata hasil belajar siswa yaitu 60 65. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah dan belum mencapai Standar Ketuntasan Minimal yang ditentukan di SD yaitu 76. Dengan adanya permasalahan tersebut maka dilakukan sebuah penelitian dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching And Learning. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning akativitas belajar siswa dan hasil belajar melalui pendekatan Contextual Teaching And Learning. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Adapun tujuan dari Penelitian Tidakan Kelas adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Model rancangan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah model kolaboratif partisipatoris. Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Proses Pembentukan Tanah Karena Pelapukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning untuk meningkatkan pelajaran IPA siswa kelas Vb SDN Madyopuro 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini dapat dilihat pada pemerolehan keberhasilan guru dalam menerapkan pendekatan Contextual Teaching And Learning pada siklus I pertemuan 1 skor yang diperoleh adalah 21 dengan rata-rata 64 29 pertemuan 2 mendapat skor 25 dengan rata-rata 89 30. Selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 mendapatskor 26 dengan rata-rata 92 85 dan pada peretemuan 2 mendapat skor 28 dengan rata-rata 100. Dikatakan proses penerapan Contextual Teaching And Learning mengalami peningkatan. Selanjutnya aktivitas belajar siswa pada siklus I peretmuan 1 memperoleh rata-rata 43 pada pertemuan 2 memperoleh rata-rata 47 dan pada Siklus II pertemuan 1 memperoleh rata-rata 59 5. Selanjutnya pada pertemuan 2 memperoleh rata-rata 96. Mengalami peningkatan sesuai dengan apa yang diharapkan. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa adalah 66 59 pertemuan 2 rata-rata hasil belajar siswa adalah 76 56. Selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa adalah 77 81 dan pada peretmuan 2 rata-rata hasil belajar siswa adalah 90. Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas Vb SDN Madyopuro 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Walapun demikian apa bila peneliti lain atau guru dalam menerapkan pendekatan Contextual Teaching And Learning bisa memperhatikan hal-hal yang telah disarankan untuk diperbaiki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103834

Actions (login required)

View Item View Item