Penerapan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang / Wibi Gilang Saputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang / Wibi Gilang Saputro

Saputro, Wibi Gilang (2011) Penerapan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang / Wibi Gilang Saputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kontekstual Model Numbered Heads Together (NHT) Aktivitas Belajar Hasil Belajar IPS. Hasil observasi awal di SDN Ketawanggede 2 Malang Kecamatan Lowokwaru Kota Malang belum pernah menerapkan pembelajaran Pembelajaran Kontekstual dengan Menggunakan Model Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran IPS. Dominasi guru dalam pembelajaan menyebabkan siswa lebih banyak menunggu sajian guru. Akibat hasil belajar siswa sebesar 70% belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang di tetapkan oleh sekolah yaitu 69. Berdasarkan hal tersebut pembelajaran kontekstual dengan menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) perlu digunakan sebagai sebagai alternatif dalam pembelajaran karena siswa dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah yaitu mendiskripsikan penerapan pembelajaran aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kontekstual dengan menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart terdiri dari 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu planning acting observing reflecting dan revise plan. Subyek penelitian ini adalah 23 siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dokumentasi catatan lapangan dan tes. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) Pada pembelajaran IPS siklus I dengan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) kemampuan guru dalam membuat RPP mencapai skor 90 dan pada siklus II mencapai skor 93 33. Kemampuan guru dalam pembelajaran sesuai dengan RPP pada siklus I mencapai 87 5 dan pada siklus II mencapai 92 5. 2) Aktivitas belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata mencapai 55 97% sedangkan siklus II rata-rata meningkat menjadi 72 27%. 3) Kentuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 43 47% dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 95 65%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan masalah sosial dilaksanakan mulai dari kegiatan awal dilanjutkan kegiatan inti melalui numbering questioning heads together answering dan diakhiri dengan evaluasi penerapan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada kepala sekolah memberi masukan kepada guru tentang pembelajaran kontekstual dengan menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) kepada guru. Guru agar menerapkan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran materi dan kelas lain yang sesuai dengan karakteristik NHT. Agar pembelajaran dapat berhasil hendaknya lebih memperhatikan alokasi waktu jalannya diskusi dan menciptakan suasana yang kompetitif pada saat answering.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103833

Actions (login required)

View Item View Item