Rumbaru, Norma (2011) Penerapan model pembelajaran rotating trio exchange untuk meningkaytkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Lesanpuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Norma Rumbaru. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran IPS rotating trio exchange aktivitas dan hasil belajar. Pembelajaran IPS sebetulnya merupakan pembelajaran yang menyenangkan karena mempelajari aspek-aspek kehidupan manusia. Hal ini disebabkan karena materi yang ada pada mata pelajaran IPS merupakan dasar untuk diterapkan dalam kehidupan dilingkungan sosialnya. Sementara pada observasi yang dilakukan peneliti di SDN Lesanpuro I Kec Kedungkandang Kota Malang ditemukan bahwa proses pembelajaran yang di lakukan oleh guru masih minim atau bersifat konvensional kegiatan pembelajaran pada umumnya dilakukan dengan ceramah sehingga membuat siswa berbicara dengan teman ketika guru menjelaskan materi guru tidak menggunakan media/alat peraga guru lebih cenderung menggunakan buku LKS yang di miliki oleh setiap siswa. Sehingga hasil belajar yang diperoleh siswapun masih belum mencapai KKM yang ditentukan. Berdarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah (1) menerapkan model pembelajaran Rotating Trio Exchange pada mata pelajaran IPS (2) meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN Lesanpuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (3) meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lesanpuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Jenis rancangan penelitian ini adalah PTK model Kemmis dan Taggart dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Lesanpuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang sebanyak 46 siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Lesanpuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Hal ini dibuktikan pada nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 54 21 dan siklus II sebesar 59 51. Sementara untuk hasil belajar siswa ketuntasan pada pra tindakan sebesar 66 9 (kurang) siklus I sebesar 74 13 (cukup) dan siklus II sebesar 82 17 (baik). Dapat dinyatakan bahwa terdapat 39 dari 46 siswa yang telah mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lesanpuro I Kec Kedungkandang Kota Malang. Dan saran yang dapat diberikan yaitu agar dalam proses belajar mengajar hendaknya guru menggunakan model pembelajaran khususnya model Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103832 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |