Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model pembelajaran think pair and share (TPS) pada siswa kelas V SDN dampit 2 Kecamatan Dampit Kabupaten Malang / Yanik Rinawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model pembelajaran think pair and share (TPS) pada siswa kelas V SDN dampit 2 Kecamatan Dampit Kabupaten Malang / Yanik Rinawati

Rinawati, Yanik (2011) Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model pembelajaran think pair and share (TPS) pada siswa kelas V SDN dampit 2 Kecamatan Dampit Kabupaten Malang / Yanik Rinawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Menulis puisi siswa kelas V Model Pembelajaran Think Pair And Share (TPS) Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Dampit 2 diketahui bahwa (1) Pembelajaran masih menggunakan metode konvensional (2) Dalam kegiatan pembelajaran menulis puisi sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam merangkai kata-kata serta siswa merasa bingung akan menulis apa.Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan penguasaan atau kemampuan siswa. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model Think Pair and Share (TPS) pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis puisi (2) peningkatan keterampilan menulis puisi setelah menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) di kelas V. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 Siklus dan setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) planning (2) akting observing (3) reflecting (4) revising planning. Subyek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Dampit 2 Kecamatan Dampit Kabupaten Malang pada semester gasal tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Think Pair and Share (TPS) terbukti dapat memberi struktur diskusi sehingga siswa tidak melantur pemikirannya dan terarah tingkah lakunya karena harus melaporkan hasil pemikirannya ke pasangannya. Berdasarkan analisis data hasil penelitian setelah diterapkan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dalam menulis puisi diketahui bahwa banyaknya siswa yang telah mengalami peningkatan dari pra tindakan sampai siklus II. sebelum siklus hasil yang didapat yaitu 65.5 %. Sedangkan pada saat sudah dilakukan siklus I hasil yang didapat meningkat yaitu 73.26 % dan pada saat pelaksanaan siklus 2 nilai siswa semakin meningkat yaitu 87.78 % . Dari data-data yang telah dipaparkan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair and Share(TPS) dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SDN Dampit 2 Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SD adalah untuk Kepala Sekolah agar memotivasi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS). Untuk guru sebaiknya menerapkan model pembelajaran Thiink Pair and Share (TPS) pada pelajaran yang lainnya agar siswa menjadi lebih aktif dan hasil belajarnya meningkat. Bagi peneliti model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) perlu dikembangkan lebih lanjut mengenai penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) yang lebih bervariasi untuk memperbaiki kekurangan dan mencapai hasil yang diinginkan. Bagi peneliti lain agar dapat mengembangkan penelitian tentang model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) yang lebih bervariasi lagi sehingga penelitian yang dilakukan dapat memperbaiki keterbatasan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103831

Actions (login required)

View Item View Item