Problematika pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar se-kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Ady Putra Dian Jai - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar se-kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Ady Putra Dian Jai

Jai, Ady Putra Dian (2011) Problematika pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar se-kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Ady Putra Dian Jai. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci problematika pembelajaran IPS SD. Mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada jenjang pendidikan formal (sekolah) dan merupakan salah satu mata pelajaran yang berkembang sesuai dengan perkembangan jaman. Sehingga materi yang disajikan kepada siswa dapat berubah sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Pembelajaran IPS selama ini dianggap sulit karena disebabkan banyaknya materi dalam IPS yang mengharuskan siswa untuk mempelajarinya. Sulitnya pembelajaran IPS tidak hanya diakarenakan banyaknya materi. Namun ada beberapa problematika yang ada pada pembelajaran IPS yang menyebabkan pembelajaran IPS menjadi sulit bagi siswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran IPS di SD se-Kecamatan Karangploso. Problematika yang diteliti oleh peneliti berasal dari guru yang meliputi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Peneliti menggunakan angket dalam pengumpuan data. Selain itu peneliti juga melakukan penilaian terhadap perencanaan pembelajaran yang digunakan guru dengan menggunakan APKG 1 serta observasi pelaksanaan pembelajaran dengan APKG 2. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel guru sebesar 12% dari total 100 guru yang menjadi populasi. Dari hasil penelitian dilapangan didapatkan beberapa guru masih belum menggunakan RPP dalam pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung masih didominasi oleh guru. Hasil belajar yang didapat oleh siswa rata-rata masih belum memenuhi kriteria kelulusan minimum. Berdasarkan hasil analisis diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama guru masih belum membuat RPP sendiri dalam perencanaan pembelajaran. RPP yang digunakan guru adalah RPP yang telah jadi tanpa ada modifikasi. Bahkan ada guru yang tidak menggunakan RPP dalam pelaksanaan pembelajaran. Sehingga guru kurang optimal dalam pelaksanaan pembelajaran. Kedua pelaksanaan pembelajaran masih didominasi oleh guru. Jadi pembelajaran masih bersifat konvensional. Ketiga metode yang digunakan guru lebih dominan memakai metode caramah. Sehingga pembelajaran nampak kurang berfariasi yang mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang menarik Keempat guru belum menghadirkan media dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa nampak kurang begitu antusias terhadap proses pembelajaran yang berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103830

Actions (login required)

View Item View Item