Huri, Yanti Ika (2011) Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui permainan magic disk pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 2 Malang / Yanti Ika Huri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Keterampilan Berbicara Permainan Magic Disk Sekolah Dasar Berdasarkan hasil studi pendahuluan dan pra tindakan yang dilaksanakan di SDN Sumbersari 2 Malang diketahui bahwa keterampilan berbicara bahasa Inggris peserta didik kelas IV masih rendah. Rendahnya keterampilan berbicara peserta didik ditandai dengan berbicara pelan dan tersendat-sendat serta kesalahan dalam pelafalan. Hal ini disebabkan oleh metode dan teknik yang kurang variatif serta pemanfaatan media yang kurang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui pembelajaran yang menarik interaktif dan menyenangkan dapat dilakukan melalui permainan. Salah satu permainan yang dapat digunakan adalah permainan magic disk.Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan penerapan permainan magic disk dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris pada peserta didik kelas IV 2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui penerapan permainan magic disk pada peserta didik kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Model siklus yang digunakan meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Sumbersari 2 Malang sejumlah 22 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dokumentasi catatan lapangan dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru lembar observasi peserta didik lembar performance berbicara peserta didik serta catatan hasil lapangan. Data dalam penelitian ini merupakan keterampilan berbicara bahasa Inggris peserta didik pada aspek pronouncation accuracy vocabulary fluency keberanian serta volume. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pemrosesan satuan tahap kategorisasi dan tahap penafsiran data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara bahasa Inggris meningkat setelah penerapan tindakan dengan permainan magic disk dari siklus I nilai rata-rata 57 meningkat pada siklus II menjadi 75. Peningkatan terjadi pada siklus I dari 7 anak menjadi 17 anak melafalkan dialog meminjam benda dalam kelas dengan bahasa Inggris yang tepat. Untuk aspek accuracy pada siklus I masih ada 2 anak yang salah menggunakan istilah warna coklat dengan chocolate namun pada siklus II sudah tidak ada lagi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan permainan magic disk dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris pada aspek pronouncation accuracy vocabulary fluency keberanian serta volume. Disarankan kepada guru kelas IV agar menggunakan teknik repeat and listen agar peserta didik dapat melafalkan kata bahasa Inggris dengan tepat serta concept mapping untuk menghubungkan antar konsep dan dalam penerapan permainan magic disk.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |