Meningkatkan keterampilan menyimak mellui media rekaman tayangan berita pada siswa kelas V SDN 1 Sobo Kabupaten Trenggalek / Yudista Patriat Budi - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan menyimak mellui media rekaman tayangan berita pada siswa kelas V SDN 1 Sobo Kabupaten Trenggalek / Yudista Patriat Budi

Budi, Yudista Patriat (2011) Meningkatkan keterampilan menyimak mellui media rekaman tayangan berita pada siswa kelas V SDN 1 Sobo Kabupaten Trenggalek / Yudista Patriat Budi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan menyimak media rekaman tayangan berita Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia aspek menyimak di kelas V SDN 1 Sobo kabupaten Trenggalek yang mengalami permasalahan. Permasalahan tersebut berupa hasil belajar siswa yang masih rendah yaitu dengan nilai rata-rata kelas pada aspek menyimak adalah 60 52 dengan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 37 % interaksi sosial antara guru dan siswa dan siswa dengan siswa masih kurang pembelajaran bersifat monoton serta penggunaan media yang kurang variatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran menyimak menggunakan media rekaman tayangan serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia aspek menyimak melalui media rekaman tayangan berita pada siswa kelas V SDN 1 Sobo kabupaten Trenggalek. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri dari dua siklus. Tiap siklus meliputi tahap (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah abstrak wawancara angket dan tes. Penelitian ini menunjukkan hasil yang signifikan. Hasil tersebut berupa peningkatan hasil belajar siswa yaitu presentase siswa yang mencapai KKM pada tahap pratindakan sebesar 37 % pada tindakan siklus I sebesar 42% dan pada tindakan siklus II sebesar 84 %. Kriteria aktivitas belajar siswa pada tindakan siklus I yang dominan muncul adalah kurang sedangkan pada tindakan siklus II kriteria aktivitas belajar siswa yang dominan muncul adalah baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyimak melalui media rekaman tayangan berita menunjukkan perubahan ke arah positif. Perubahan tersebut yaitu siswa lebih termotivasi antusias dan senang saat pembelajaran. Sedangkan penilaian terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran menyimak melalui media rekaman tayangan berita juga menunjukkan adanya peningkatan. Oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan pembelajaran menyimak melalui media rekaman tayangan berita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103828

Actions (login required)

View Item View Item