Pentingnya bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Karangsari 02 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Vicga Higmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pentingnya bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Karangsari 02 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Vicga Higmawati

Higmawati, Vicga (2011) Pentingnya bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Karangsari 02 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Vicga Higmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pentingnya bimbingan orang tua hasil belajar Pelaksanaan bimbingan selain dilaksanakan disekolah juga dilaksanakan dirumah. Pengawasan dan bimbingan orang tua dirumah mutlak diperlukan karena orang tua dapat mengawasi dan mengetahui segala kekurangan dan kesulitan siswa dalam belajarnya. bimbingan dari orang tua dapat juga berperan sebagai cara untuk peningkatan disiplin terutama pada saat belajar dirumah. Maka pengetahuan yang pertama diterima oleh siswa adalah dari orang tuanya. Tetapi banyak juga orang tua yang salah pada saat membimbing siswa mereka. Kesalahan orang tua yang sering terjadi adalah melakukan bimbingan dan pendampingan yang salah pada saat siswa belajar misalnya pada saat siswa diberikan tugas rumah orang tua akan ikut mengerjakan sebaik mungkin tanpa memberikan kesempatan kepada siswa mereka untuk berfikir dalam memecahkan masalah mereka dan mengerjakan tugas rumah mereka sendiri. Berkaitan dengan adanya permasalahan tersebut maka diperlukan penelitian mengenai pentingnya bimbingan orang tua terhadap hasil belajar tersebut. Penelitian ini dlaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup pentingnya bimbingan orang tua hasil belajar siswa dan pengaruh bimbingan orang tua terhadap hasil belajar di SDN Karangsari 02 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa rekaman hasil belajar siswa semester gasal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan pembagian angket. Prosedur pengumpulan dilakukan dengan tahapan perencanaan observasi lapangan pengumpulan data pengumpulan data dasar dan melengkapi. Sedangkan kegiatan analisis dilakukan dengan tahapan analisis reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan dari keseluruhan siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang siswa terdapat 3 orang siswa atau sekitar 19% dari keseluruhan populasi yang ada telah teridentifikasi mendapatkan pola bimbingan dari orang tua yang kurang tepat pada saat pendampingan belajar dirumah. Pentingnya bimbingan yang diberikan oleh orang tua siswa SDN Karangsari sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Siswa menjadi kurang aktif dalam belajar disekolah maupun dirumah sebab selama ini siswa terbiasa tidak mengerjakan tugas sendiri sehingga apabila siswa disajikan permasalahan pembelajaran tidak dapat mencari solusi pemecahan masalah pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi bimbingan orang tua yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mativasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103827

Actions (login required)

View Item View Item