Pengaruh metode trifokus Steve Snyder terhadap kecepatan efektif membaca siswa kelas 5 SDN Bakalan Krajan 1 Malang / Ana Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode trifokus Steve Snyder terhadap kecepatan efektif membaca siswa kelas 5 SDN Bakalan Krajan 1 Malang / Ana Rahmawati

Rahmawati, Ana (2011) Pengaruh metode trifokus Steve Snyder terhadap kecepatan efektif membaca siswa kelas 5 SDN Bakalan Krajan 1 Malang / Ana Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci metode Trifokus Steve Snyder kecepatan efektif membaca (KEM) SD. Di era globalisasi berbagai macam bacaan semakin bertambah sementara waktu yang dimiliki seseorang tidak bertambah. Diperlukan satu metode membaca cepat sederhana yang mengena agar siswa SD tidak kesulitan menerapkannya. Metode Trifokus Steve Snyder adalah metode membaca cepat sederhana yang efektif dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam membaca cepat sekaligus memahami isi bacaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui KEM siswa kelas V SDN Bakalan Krajan 1 Malang sebelum penggunaan metode Trifokus Steve Snyder (2) mengetahui KEM siswa kelas V SDN Bakalan Krajan 1 Malang sesudah penggunaan metode Trifokus Steve Snyder (3) mengetahui pengaruh penggunaan metode Trifokus Steve Snyder terhadap KEM siswa kelas V SDN Bakalan Krajan 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data nilai diambil dari hasil pretes dan postes pemahaman terhadap bacaan yang telah dibaca siswa sampel sedangkan kecepatan efektif membaca diambil dari tes kecepatan membaca per menit. Analisis data menggunakan t-test dengan membandingkan nilai pretes maupun postes. Data hasil penelitian dianalisis dengan bantuan SPSS 16 for Windows. Penelitian ini memilih siswa kelas V SDN Bakalan Krajan 1 Malang sebagai populasi dengan jumlah 105 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V A dan V C yang berjumlah total sebanyak 69 siswa. Rata-rata nilai pretes siswa kelas eksperimen adalah 55 91 sedangkan rata-rata KEM siswa adalah 86 7 kpm. Rata-rata nilai postes siswa kelas eksperimen adalah 68 48 sedangkan rata-rata KEM siswa adalah 120 12 kpm. Hal itu menunjukkan adanya pengaruh nilai tes dan KEM pada siswa setelah penggunaan metode Trifokus Steve Snyder. Perhitungan uji t diperoleh t hitung 3 029 untuk t tabel dengan 945 0 05 dan df 69 - 1 68 diperoleh t tabel 1 645 (digunakan df 8734 karena angka 68 tidak terdapat pada tabel t). sehingga t hitung t tabel yaitu 3 029 1 645 (Ha diterima). Dari kriteria pengujian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai postes kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kesimpulannya adalah penggunaan metode Trifokus Steve Snyder berpengaruh positif terhadap KEM siswa kelas V SDN Bakalan Krajan 1 Malang. Diharapkan metode ini dapat diterapkan secara berkelanjutan agar siswa mampu melatih kemampuannya dalam membaca cepat sehingga mampu meningkatkan kemampuan berbahasa yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103825

Actions (login required)

View Item View Item