Peningkatan keterampilan berbicara dengan media gambar pada siswa kelas II SDN Modangan 01 Kabupaten Blitar / Gogot Agus Triyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara dengan media gambar pada siswa kelas II SDN Modangan 01 Kabupaten Blitar / Gogot Agus Triyono

Triyono, Gogot Agus (2011) Peningkatan keterampilan berbicara dengan media gambar pada siswa kelas II SDN Modangan 01 Kabupaten Blitar / Gogot Agus Triyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan berbicara media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media gambar dalam meningkatkan pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas II SDN Modangan 01 kabupaten Blitar. Selain itu setelah mendeskripsikan gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas II SDN Modangan 01 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian menggunakan rancangan dari Kemmis dan Taggart. Tahap pelaksanaannya meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanankan di SDN Modangan 01 Kabupaten Blitar pada siswa kelas II. Data dan sumber data diambil dari seluruh aktifitas dan hasil pembelajaran siswa. Adapun pengumpulan data diambil dari hasil observasi wawancara tes dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini melalui tahapan pra tindakan siklus I dan dilanjutkan Pelaksanaan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara pada siswa kelas II SDN Modangan 01 Kabupaten Blitar dengan media gambar. Peningkatan keterampilan berbicara terjadi baik secara individu maupun klasikal. Peningkatan rata-rata prestasi belajar peserta didik secara individu pada pra tindakan yaitu 64 17 % meningkat menjadi 67 25 % pada siklus I kemudian dari siklus I yaitu 67 25 % meningkat menjadi 80 58 % pada siklus II. Sedangkan secara klasikal pada pra tindakan yaitu 17 % meningkat menjadi 58 % pada siklus I kemudian dari siklus I yaitu 58 % meningkat menjadi 92 % pada siklus II. Sehingga ada 10 peserta didik yang tidak tuntas pada pra tindakan ada 5 peserta didik yang tidak tuntas pada siklus I dan 1 peserta didik yang tidak tuntas pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan yaitu bagi para guru untuk menggunakan media gambar pada pembelajaran berbicara bagi sekolah untuk lebih bekerja keras dalam meningkatkan mutu pendidikan secara kreatif daninovatif bagi pemerintah untuk memberikan motivasi dan sarana prasarana yang mendukung pada sekolah dan bagi peneliti lain agar menggunakan media gambar dalam penelitiannya tentang pembelajaran berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103824

Actions (login required)

View Item View Item