Peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kels IV melalui model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) SDN Pandanwangi 04 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Herlia Nimas Ayu H. - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kels IV melalui model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) SDN Pandanwangi 04 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Herlia Nimas Ayu H.

Hastungkoro, Herlia Nimas Ayu (2011) Peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kels IV melalui model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) SDN Pandanwangi 04 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Herlia Nimas Ayu H. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci menulis karangan deskripsi model CIRC SD Pada kelas IV kemampuan mengarang ditekankan pada menulis karangan deskripsi. Karangan deskripsi adalah karangan yang menggambarkan suatu situasi benda kejadian dan sebagainya. Dengan cara menggambarkan ini pembaca dapat mengamati suatu peristiwa bagaikan melihat sendiri. Penulis menyajikan gambaran-gambaran kejadian sehingga orang lain memperoleh kejelasan yang amat jernih atas suatu benda situasi atau permasalahan.Sisswa belum mampu menulis dan mendeskripsikan benda dan tempat kurang mampu menyusun ide belum mampu mengembangkan kerangka karangan dan seringkali salah dalam penggunaan bahasa serta penggunaan ejaan yang kurang tepat. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan menulis karangan deskripsi adalah dengan menggunankan model CIRC. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Pandanwangi 04 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaborasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh ssiwa kelas IV SDN Pandanwangi 04 Kecamatan Blimbing Kota Malang dengan prosedur penelitian (1) Perencanaaan (2) Tindakan (3) Observasi (4) Refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) lembar pengamatan aktivitas belajar (2) soal tes (3) dokumentasi (4) catatatan lapangan. Hasi penelitian menunjukkan bahwa model CIRC dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan dekripsi. Peningkaan aktivitas belajar ssiwa dapat diketahui dengan pengamatan terhadap keantusiasan siswa ketika pembelajaran dengan menggunakan model CIRC dilakukan meliputi (1) keaktifan belajar (2) kerjasama dalam kelompok (3) ketepatan menjawab dan menulis kembali. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah 53 pada siklus I sedangkan pada rata-rata nilai hasil belajar adalah 73 pada siklus II. Selain itu ketuntasan belajar pada siklus I untuk kualifikasi cukup adalah 62% dan kualifikasi baik adalah 42% Dan mengalami peningkatan pada siklus II untuk kualifikasi kurang adalah 0 kualifikasi cukup adalah 14% kualifikasi baik adalah 86%. Oleh karena disarankan kepada (1) guru bidang studi bahasa Indonesia hendaknya menggunakan model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi (2) guru memberikan variasi pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas (3) siswa hendaknya sering berlatih menulis karangan deskripssi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103823

Actions (login required)

View Item View Item