Peningkatan hasil belajar IPS melalui pendekatan paikem bagi siswa kelas IV SDN Kanigoro 01 Kabupaten Blitar / Arif Supradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui pendekatan paikem bagi siswa kelas IV SDN Kanigoro 01 Kabupaten Blitar / Arif Supradana

Supradana, Arif (2011) Peningkatan hasil belajar IPS melalui pendekatan paikem bagi siswa kelas IV SDN Kanigoro 01 Kabupaten Blitar / Arif Supradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar IPS pendekatan PAIKEM. IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa fakta konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Hasil observasi yang telah dilakukan di SDN Kanigoro 01 pada mata pelajaran IPS diperoleh data bahwa siswa belum menguasai materi. Hal ini terlihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa pada tes akhir pembelajaran hanya 4 siswa (29%) sudah mencapai nilai diatas KKM dan 10 siswa (71%) masih dibawah KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu perbaikan pembelajaran melalui penerapan pendekatan PAIKEM. Tujuan penelitian ini adalah 1) pendekatan PAIKEM dalam pembelajaran IPS dan 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kanigoro 01 Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi studi dokumenter dan tes. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi lembar soal tes dan hasil tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kanigoro 01 yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar pada pra tindakan 56 28 siklus I 77 07 dan pada siklus II 85 80 . Ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 28 57% siklus I sebesar 64 28% dan siklus II 92 86%. Sementara yang belum tuntas setelah pelaksanaan siklus II ada 1 siswa (7%) karena siswa yang bersangkutan belum begitu lancar dalam membaca. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melalui pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa menjadi lebih aktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103822

Actions (login required)

View Item View Item