Peningkatan kemampuan membaca puisi melalui model somatic, auditori, visual, intelektual (SAVI) di kelas V SDN Kauman 1 kota Blitar / Gunawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca puisi melalui model somatic, auditori, visual, intelektual (SAVI) di kelas V SDN Kauman 1 kota Blitar / Gunawan

Gunawan (2011) Peningkatan kemampuan membaca puisi melalui model somatic, auditori, visual, intelektual (SAVI) di kelas V SDN Kauman 1 kota Blitar / Gunawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kemampuan Membaca puisi Pembelajaran SAVI Pembelajaran di SDN Kauman 1 khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesisa materi membaca puisi masih belum mencapai ketuntasan belajar. Hal ini disebabkan oleh kurangnya persiapan pembelajaran oleh guru metode yang digunakan hanya ceramah dan tanya jawab selain itu guru juga tidak menggunakan media pembelajaran. Dengan kondisi seperti itu pembelajaran menjadi tidak maksimal dan hasil belajar siswa dalam membaca puisi masih jauh dari yang diharapkan. Berdasarkan kondisi diatas maka diadaan penelitian yang bertujuan untuk meningkatan kemampuan membaca puisi melalui model pembelajaran SAVI di kelas V SDN Kauman 1 Kota Blitar dan mendeskripsikan implementasi model pembelajaran SAVI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hal yang dijadikan bahan kajian penelitian adalah kualitas belajar siswa dalam proses dan hasilnya. Pada penelitian ini dilaksanakan 2 siklus pembelajaran yaitu siklus I dan siklus II. Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi di kelas V SDN Kauman 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian diskriptif kualitatif. Analisis deskriptif dilakukan terhadap hasil belajar siswa yang berupa kemampuan siswa dalam membaca puisi. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah melalui angket catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar ada 58 33% atau terdapat 7 siswa dari 12 siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua kesimpulan siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar ada 83 33% atau terdapat 10 siswa dari 12 siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 25%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103820

Actions (login required)

View Item View Item