Deviana, Tyas (2011) Peningkatan pembelajaran IPA melalui model TAI (Team Assisted Individualization) pada siswa kelas IV SDN 1 Pinggirsari Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung / Tyas Deviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci IPA Pembelajaran Model TAI Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada kelas IV SDN I Pinggirsari Tulungagung pembelajaran IPA didapatkan fakta bahwa pembelajaran seutuhnya masih dijelaskan oleh guru aktivitas siswa dalam pembelajaran hanya mendengarkan penjelasan dari guru cenderung menerima penjelasan guru dan terlihat kurang aktif bertanya. Dari nilai siswa pada materi gaya menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 52 12 dengan ketuntasan kelas hanya mencapai 30 3% sedangkan SKM yang ditentukan adalah 65 untuk hasil belajar dan 70% untuk ketuntasan kelas. Oleh karena itu agar dapat meningkatkan pembelajaran IPA perlu diadakan perbaikan salah satunya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) penerapan model TAI untuk meningkatkan pembelajaran IPA (2) aktivitas siswa selama pembelajaran dengan model TAI (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model TAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Jenis Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model kolaboratif partisipatoris. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar observasi penyusunan RPP lembar observasi pelaksanaan pembelajaran model TAI lembar observasi aktivitas siswa soal tes lembar catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran TAI untuk pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN I Pinggirsari dengan kompetensi dasar mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perolehan keberhasilan guru dalam penerapan model TAI pada siklus I yaitu 86 79% dan meningkat pada siklus II menjadi 91 51%. Aktivitas siswa meningkat siklus I diperoleh 61 24 menjadi 79 3 pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 66 2 dan ketuntasan kelas 54 55% pada siklus I menjadi rata-rata 76 27 dan ketuntasan kelas mencapai 84 85% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan dalam melakukan model pembelajaran TAI ini hendaknya guru mempersiapkan dengan matang semua perangkat pembelajaran. Hal ini dikarenakan agar mudah mengorganisasikan kelas dan juga agar guru dapat mengorganisasikan waktu pembelajaran dengan baik pula. Guru diharapkan memberikan penguatan baik secara lisan maupun menggunakan simbol karena dapat memacu kektifan siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103818 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |