Pemanfaatan media wayang untuk meningkatkan kemampuan memahami isi dongeng di kelas II SDN Wonorejo 01 Poncokusumo Malang / Siyos Unggul Budi Prayitno - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media wayang untuk meningkatkan kemampuan memahami isi dongeng di kelas II SDN Wonorejo 01 Poncokusumo Malang / Siyos Unggul Budi Prayitno

Prayitno, Siyos Unggul Budi (2011) Pemanfaatan media wayang untuk meningkatkan kemampuan memahami isi dongeng di kelas II SDN Wonorejo 01 Poncokusumo Malang / Siyos Unggul Budi Prayitno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pemanfaatan media wayang kemampuan memahami isi dongeng SD Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan siswa kelas II SDN Wonorejo 01 dalam memahami isi dongeng. Masalah tersebut disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran dan kurangnya keaktivan guru dalam menyiasati keterbatasan media pembelajaran. Guru kurang kreatif dalam membuat media pembelajaran sendiri dari bahan yang mudah dijumpai di lingkungan sekitar dengan tema permainan tradisional atau kebudayaan sekitar yang dikenal dan digemari oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami isi dongeng di kelas II SDN Wonorejo 01 Poncokusmo Malang yang ditandai dengan pembelajaran yang memanfaatkan media wayang menggunakan situasi kehidupan riil memberikan kesempatan siswa lebih aktif menumbuhkan kreativitas siswa dan menyenangkan. Untuk mencapai tujuan di atas penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian kelas (PTK) dengan memanfaatkan media wayang. Praktikan melakukan kolaborasi dengan guru kelas II mulai dari tahap proses identifikasi masalah perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media wayang dapat meningkatkan kemampuam memahami isi dongeng di kelas II SDN Wonorejo 01 Poncokusumo Malang. Peningkatan kemampuan memahami isi dongeng ditandai dengan (1) diterapkannya pembelajaran dengan memanfaatkan media wayang oleh guru kelas II SDN Wonorejo 01Poncokusumo Malang sesuai dengan desain yang disusun secara kolaboratif dengan baik (2) pembelajaran lebih banyak menggunakan situasi kehidupan riil terdekat dengan sekolah (3) meningkatnya aktivitas belajar siswa (4) meningkatnya kreativitas siswa dalam berekspresi dan (5) menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Disarankan bahwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan aspek menyimak isi suatu dongeng guru kelas II hendaknya memanfaatkan media wayang. Hasil penelitian ini sangat dimungkinkan dapat diterapkan di kelas II sekolah lain jika kondisinya relatif sama atau mirip dengan sekolah yang menjadi latar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103817

Actions (login required)

View Item View Item