Penerapan model make A match untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Pandanwangi 04 Malang / Dwi Retnowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model make A match untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Pandanwangi 04 Malang / Dwi Retnowati

Retnowati, Dwi (2011) Penerapan model make A match untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Pandanwangi 04 Malang / Dwi Retnowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci make a match pembelajaran IPA. Observasi pada hari senin 23 Januari 2010 di SDN Pandanwangi 04 kota Malang yang dilakukan di kelas V pada mata pelajaran IPA. Dapat diketahui siswa yang duduk di bangku bagian depan sedangkan siswa yang lain pasif dan tampak gelisah terlihat dari aktivitas yang mereka lakukan ada yang bermain dengan pensil berantem dengan temannya sering minta ijin ke kamar mandi dan ketika diberi soal oleh guru ada yang bergurau dan berbicara sendiri dengan teman.a rta-rata hasil berlajar siswa pun masih terbilang cukup rendah dapat dilihat dari 24 siswa hanya 10 siswa yang nilainya berada diatas standar ketuntasan belajar atau hanya 41 6 % sedangkan 14 siswa atau 58 3% belum memcapai ketuntasan. Siswa dikatakan tuntas jika memperoleh nilai di atas 65. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model Make a Match (2) aktivitas belajar siswa ketika diterapkan model Make a Match (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model Make a Match. Jenis penelitian yang digunakan yaitu PTK yang tahapannya meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dari 2 siklus masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Pandanwangi 4 Malang yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 16 laki-laki dan 8 perempuan. Data tentang penerapan model Make a Match aktivitas siswa diperoleh dengan teknik observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan lembar observasi aktivitas guru menerapkan model Make a Match lembar pengamatan aktivitas siswa soal tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Make a Match pada siklus I yaitu 87 1 dan pada siklus II 92 7. Selanjutnya aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 47 3 dan pada siklus II 56 6. Sedangkan hasil belajar siswa dilihat dari rata-rata siklus I adalah 62 8 dan pada siklus 2 yaitu 77 3. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Make a Match dapat meningkatkan pembelajaran guru aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V materi pokok Peristiwa Alam dan Dampaknya . Peneliti menyarankan dalam penelitian selanjutnya hendaknya memperhatikan materi khususnya pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103816

Actions (login required)

View Item View Item