Pengaruh penggunaan VCD pembelajaran terhadap aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Dinoyo Kota Malang / Lina Vitaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan VCD pembelajaran terhadap aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Dinoyo Kota Malang / Lina Vitaningrum

Vitaningrum, Lina (2011) Pengaruh penggunaan VCD pembelajaran terhadap aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Dinoyo Kota Malang / Lina Vitaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci VCD Pembelajaran Aktivitas belajar IPS Media pembelajaran yang cukup berkembang saat ini adalah penggunaan media berbasis audio-visual. Media berbasis audio-visual ini berkembang dengan pesat dikarenakan fungsi dan kemampuannya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Salah satu media pembelajaran berbasis audio-visual yang telah tersedia adalah media pembelajaran VCD Pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh penggunaan VCD pembelajaran terhadap aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN Dinoyo 2 Kota malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen. Data yang dikumpulkan dan diolah dalam penelitian ini berupa data skor aktivitas belajar. Maka metode yang digunakan adalah metode pengamatan dengan instrumennya adalah ceklis lembar penilaian aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar. Kegiatan analisis data dimulai dari uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh tiga simpulan penelitian sebagai berikut. Pertama Cara pengambilan keputusan untuk uji normalitas menggunakan one Sample Kolmogorof Smirnov test di atas pada bagian Asymp. Sig. dapat dilihat bahwa dasar pengambilan keputusan (1) Bila nilai probabilitas (Asymp. Sig.) 0 05 maka distribusi adalah tidak normal (2) Bila nilai probabilitas (Asymp. Sig.) 0 05 maka distribusi adalah normal. Dari tabel perhitungan menggunakan One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test diperoleh hasil bahwa nilai data sebelum diberi perlakuan adalah berdistribusi normal karena nilai probabilitas (0 560 0 05) dan nilai data sesudah diberi perlakuan adalah berdistribusi normal karena nilai probabilitas (0 468 0 05). Kesimpulannya adalah kedua data berdistribusi normal. Kedua Melalui tabel tes homogenitas dapat diambil keputusan bahwa bahwa (1) Jika Nilai Signifikansi (p) 0 05 maka H0 diterima (data nilai siswa dari sampel adalah homogen) (2) Jika Nilai Signifikansi (p) 0 05 maka H0 ditolak (data nilai siswa dari sampel adalah tidak homogen). Pada tabel diatas terlihat bahwa Levene Statistic hitungnya adalah 2 888 dengan Nilai Signifikansi (p) 0 093 maka Nilai Signifikansi (p) 0 05 maka H0 diterima jadi data nilai siswa dari sampel adalah homogen. Ketiga Berdasarkan tabel perhitungan uji t di atas diperoleh Nilai Signifikansi (p) 0 000. Sehingga Nilai Signifikansi (p) 0 05 (H0 diterima). Dari kriteria pengujian yang kedua maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Kesimpulan akhir dari uji ini adalah terdapat perbedaan nilai sebelum dan sesudah diberi perlakuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103814

Actions (login required)

View Item View Item