Pemanfaatan pelepah dalam pembelajaran seni rupa untuk meningkatkan kemampuan berkarya seni mencetak timbul siswa kelas II SDN Merjosari 1 Malang / Carina Tania Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan pelepah dalam pembelajaran seni rupa untuk meningkatkan kemampuan berkarya seni mencetak timbul siswa kelas II SDN Merjosari 1 Malang / Carina Tania Astuti

Astuti, Carina Tania (2011) Pemanfaatan pelepah dalam pembelajaran seni rupa untuk meningkatkan kemampuan berkarya seni mencetak timbul siswa kelas II SDN Merjosari 1 Malang / Carina Tania Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Seni rupa Mencetak timbul Pelepah SD Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di SDN Merjosari 1 Malang diperoleh gambaran permasalahan pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di kelas II sebagai berikut (1) materi SBK di kelas II masih terpaku pada pelajaran menggambar dan mewarnai saja (2) siswa kelas II belum memahami cara mencetak timbul (3) metode mengajar yang digunakan guru tidak sering memperhatikan karakteristik mata pelajaran sifat pokok bahsan dan minat siswa. Penelitian ini mendeskripsikan bertujuan (1) mendeskripsikan secara langsung pelaksanaan pembelajaran seni rupa materi mencetak timbul dengan memanfaatkan pelepah di kelas II SDN Merjosari 1 Malang (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berkarya dalam pembelajaran seni mencetak timbul dengan pelepah di SDN Merjosari 1 Malang. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Paparan data berupa RPP pelaksanaan pembelajaran mencetak timbul aktivitas siswa dan hasil mencetak timbul pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah istrumen aktivitas guru dan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Penilaian proses dan hasil dalam berkarya seni mencetak timbul pada siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan penilaian (2) Upaya perbaikan kualitas proses dan hasil peningkatan kemampuan berkarya seni mencetak timbul di kelas II SDN Merjosari 1 Malang dapat dilakukan melalui penelitian tindakan kelas dengan cara pemanfaatan pelepah sebagai alat mempraktekkan seni mencetak timbul (3) Peningkatan kompetensi guru melalui perbaikan pembelajaran yang dapat dilihat hasilnya pada perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran dalam kelas yang dilakukan guru pada tiap siklusnya. (4) Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam berkarya seni rupa mencetak timbul dengan menggunakan pelepah siswa kelas II dalam proses berkaryanya diperlukan adanya bimbingan dari guru. Kesimpulan yang dapat diberikan dengan temuan yang diperoleh selama melaksanakan penelitian adalah proses pelaksanaan pembelajaran seni mencetak timbul mempersiapkan pelepah cat warna buku gambar sebagai alat dan bahan untuk mencetak timbul dalam pelaksanaanya sangat diperlukan bimbingan dari guru agar hasil cetakan yang dibuat oleh siswa dapat berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103812

Actions (login required)

View Item View Item