Peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui tutor sebaya siswa kelas V SDN Pandanwangi 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Umi Hanik - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui tutor sebaya siswa kelas V SDN Pandanwangi 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Umi Hanik

Hanik, Umi (2011) Peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui tutor sebaya siswa kelas V SDN Pandanwangi 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Umi Hanik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Menulis Karangan Deskripsi Model Tutor Sebaya. Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SDN Pandanwangi 4 ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran menulis karangan antara lain (1) siswa belum seluruhnya bisa menata ide dan kerangka karangan dengan baik (2) siswa seringkali tumpang tindih dalam penyampaian bahasanya (3) siswa banyak menghabiskan waktu dengan bercakap-cakap dengan teman sebangkunya sehingga tugas yang diberikan terbengkalai (4) siswa kurang penguasaan kosa kata (6) siswa kurang memperhatikan ejaan dan tanda baca (7) siswa kurang teliti dan konsentrasi. Untuk itu agar dapat mengatasi masalah tersebut maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model Tutor Sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model tutor sebaya dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SDN Pandanwangi 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SDN Pandanwangi 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang melalui penerapan model tutor sebaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif model kolaboratif partisipatoris. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pandanwangi 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model tutor sebaya untuk Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Pandanwangi 4 dengan Kompetensi Dasar Menulis laporan pengalaman atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan konsep awal perbaikan final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan dengan materi Menulis karangan deskripsi dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata 56 42 dan pada siklus II meningkat menjadi 71 5. Selain itu ketuntasan belajar pada siklus I untuk kualifikasi baik prosentasenya sebesar 42 1% dengan rata-rata nilai adalah 66 6 kualifikasi cukup prosentasenya sebesar 52 6% dengan rata-rata nilai adalah 49 9 dan kualifikasi kurang prosentasenya sebesar 5 2% dan rata-rata nilai adalah 40. Dan mengalami peningkatan pada siklus II untuk kualifikasi sangat baik prosentasenya sebesar 10 5% dengan rata-rata nilai adalah 93 kulifikasi baik prosentasenya sebesar 73 6% dengan rata-rata nilai adalah 71 8 dan kualifikasi cukup prosentasenya 15 7% dengan rata-rata nilai adalah 55 6. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada guru bidang studi bahasa Indonesia hendaknya menggunakan model pembelajaran tutor sebaya dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dan memberikan variasi pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas. Sedangkan untuk siswa hendaknya sering berlatih menulis karangan deskripsi di mana saja dan kapan saja. Dan kepada sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang baik dalam pemenuhan media pembelajaran agar tujuan pembelajaran bisa tercapai dan siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103811

Actions (login required)

View Item View Item