Listyawati, Tri Ayu (2011) Penngkatan kemampuan menggunakan ejaan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas IVB Bandungrejosari 1 Malang / Tri Ayu Listyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci ejaan menulis karangan Bahasa Indonesia SD STAD. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas IVB SDN Bandungrejosari 1 Malang didapatkan fakta bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dan kurang terbiasa menggunakan ejaan secara benar ketika menulis karangan. Dari nilai siswa yang diperoleh pada aspek penggunaan ejaan pada pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf kapital dan tanda baca) menunjukkan rata-rata kemampuan siswa menggunakan ejaan hanya mencapai 42 dengan ketuntasan kelas 20 5% sedangkan ketuntasan individual yang ditentukan adalah 65.00 dan ketuntasan kelas sebesar 70%. Untuk itu agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan ejaan perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan kemampuan menggunakan ejaan dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam menggunakan ejaan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif model kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN Bandungrejosari 1 Malang. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IVB SDN Bandungrejosari 1 dengan Kompetensi Dasar menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar tanda titik tanda koma dll) dengan indikator menulis karangan dengan menggunakan huruf kapital sesuai dengan EYD dan menulis karangan dengan menggunakan tanda baca sesuai dengan EYD dapat dilaksanakan dengan efektif. Keaktifan siswa meningkat dari 72 4% pada awal siklus I menjadi 79 6% pada akhir siklus II. Kemampuan siswa menggunakan ejaan juga meningkat dari rata-rata 42 dan ketuntasan kelas 20 5% sebelum tindakan menjadi rata-rata 83 dan ketuntasan kelas mencapai 86 4% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bagi guru untuk dapat menggunakan dan mengembangkan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran lain mengembangkan lebih lanjut dan lebih bervariasi untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan selama penelitian dan diharapkan dapat melakukan inovasi baru agar model pembelajarn STAD lebih inovatif dan bervariasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103810 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |