Using shadow puppets in storytelling to improve the listening skills of the fifth graders at SDN Ardimulyo 3 Singosari / Mufida Itsnaini Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Using shadow puppets in storytelling to improve the listening skills of the fifth graders at SDN Ardimulyo 3 Singosari / Mufida Itsnaini Hadi

Hadi, Mufida Itsnaini (2017) Using shadow puppets in storytelling to improve the listening skills of the fifth graders at SDN Ardimulyo 3 Singosari / Mufida Itsnaini Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hadi Mufida Itsnaini. 2017. Penggunaan Shadow Pupets dalam Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan pada Siswa Kelas 5 di SDN Ardimulyo 3 Singosari. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL. M.Pd dan (II) Nur Hayati S.Pd. M.Ed. Key Words kemampuan mendengarkan shadow puppets and bercerita Mendengarkan adalah penegembangan dasar dari bahasa dan komunikasi dankhususnya. di awal tahun pendidikan. Maka dari itu mengajar mendengarkan untuk siswa sekolah dasar sangat penting karena siswa masih mempelajari pengetahuan dasar dari bahasa Inggris. Jadi siswa akan siap untuk belajar di sekolah menengah pertama ketika bahasa Inggris wajib mereka pelajari. Berdasarkan hasil dari studi pendahuluan siswa mengalami masalah dengan kemampuan mendengarkan teks sederhan karena kurangnya kosa kata dan tidak adanya fasilitas dari sekolah untuk belajar kemampuan mendengarkan. Selanjutnya tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan shadow puppets pada storytelling dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 5 di SDN Ardimulyo 3 Singosari Malang. Desain dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang terdiri dari 4 tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes lembar pengamatan wawancara kuesiomer dan data lapangan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas lima dari SDN Ardimulyo 3 Singosari. Peneliti menemukan bahwa shadow puppet yang digunakan untuk bercerita dan meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa melalui prosedur berikut (1) pelaksanaan tiga tahap prosedur dalam mengajar mendengarkan (pre while dan post) (2) penggunaan lembar kerja yang membantu siswa (3) penggunaan media saat menceritakan cerita. Berdasarkan hasil data yang telah dianalisis para siswa juga memenuhi kriteria keberhasilan seperti yang ditunjukan oleh (1) lebih dari 90% siswa mencapai nilai minimum yaitu 75 pada testakhir dan mendapat lima point peningkatan dan (2) penampilan siswa meningkat pada setiap pertemuan dan rata-rata nilai adalah 81.9 yang berada dalam klasifikasi yang sangat bagus. Berdasarkan temuaan beberapa saran diberikan pada guru bahasa Inggris untuk pelajar muda dan peneliti selanjutnya. Pertam-tama guru bahasa inggris untuk pengajar muda harus mengajar siswa dengan cara yang menyenangkan seperti penggunaan media yang menarik menyediakan eksposur dan berinteraksi dengan siswa. Lalu disarankan agar peneliti selanjutnya melakukan penelitian serupa dengan media kemampuan dan materi yang berbeda. Mereka juga disarankan untuk melihat masalah dalam penelitian ini seperti ukiran kelas jumlah siswa dan sumber belajar dari sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10381

Actions (login required)

View Item View Item