Penggunaan cerita di majalah anak untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif dalam menyimpulkan cerita kelas V semester 2 SDN Karangbesuki 4 Malang / Indrawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan cerita di majalah anak untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif dalam menyimpulkan cerita kelas V semester 2 SDN Karangbesuki 4 Malang / Indrawati

Indrawati (2011) Penggunaan cerita di majalah anak untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif dalam menyimpulkan cerita kelas V semester 2 SDN Karangbesuki 4 Malang / Indrawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci cerita di majalah anak membaca Intensif menyimpulkan cerita. Membaca intensif dalam konteks pembelajaran membaca di SD adalah jenis membaca yang bertujuan untuk memahami wacana berupa cerita anak. Jadi dalam membaca seorang anak harus bersungguh-sungguh dan teliti dalam memahami sebuah bacaan. Setelah memahami sebuah cerita diharapkan anak mampu menyimpulkan cerita yang dibaca. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami bacaan sehingga mengakibatkan kemampuan membaca siswa dalam memahami bacaan rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1)Pelaksanaan pembelajaran membaca intensif dalam menyimpulkan cerita dengan menggunakan sumber belajar cerita di majalah anak-anak siswa kelas V SDN Karangbesuki 4 Malang (2) Peningkatan kemampuan membaca intensif dalam menyimpulkan cerita dengan mengginakan sumber belajar cerita di majalah anak siswa kelas siswa kelas V SDN Karangbesuki 4 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Karangbesuki 4 Malang pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes catatan lapangan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Penerapan sumber belajar cerita di majalah anak dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif dalam menyimpulkan cerita dana suasana pembelajaran lebih menyenangkan (2) Kemampuan membaca intensif siswa dengan menggunakan sumber belajar cerita di majalah anak mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 64 05 pada siklus I dan 70 81 pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 59 45% dan pada akhir siklus II adalah 94 59%. Peneliti menyarankan bagi (1) guru dalam menyampaikan materi pelajaran hendaknya menggunakan berbagai sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa di kelas (2) peneliti lain peneliti menyadari hasil penelitian ini terdapat banyak kekurangan tetapi dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam penelitian lebih lanjut

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103808

Actions (login required)

View Item View Item