Pembelajaran bermakna untuk meningkatkan hasil belajar opersi penjumlahan tiga pecahan pada kelas V SDN Kidul Dalem 02 Malang / Lina Dwi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran bermakna untuk meningkatkan hasil belajar opersi penjumlahan tiga pecahan pada kelas V SDN Kidul Dalem 02 Malang / Lina Dwi Lestari

Lestari, Lina Dwi (2011) Pembelajaran bermakna untuk meningkatkan hasil belajar opersi penjumlahan tiga pecahan pada kelas V SDN Kidul Dalem 02 Malang / Lina Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran bermakna hasil belajar operasi penjumlahan pecahan Hasil analisis kesalahan jawaban siswa dari soal tes awal yang telah dilakukan ditemukan bahwa siswa belum menguasai cara penyelesaian soal pada materi operasi penjumlahan tiga pecahan. Guru kurang maksimal dalam menggunakan media untuk pembelajaran pada materi tersebut karena guru hanya cenderung memperkenalkan media yang digunakan sedangkan dalam memberi serangkaian soal guru juga memberi aturan lain sehingga tidak menggunakan media tersebut dalam menyelesaikan soal. Siswa juga cenderung mengikuti aturan yang diberikan karena dianggap dapat menyelesaikan soal lebih cepat dibandingkan menggunakan media yang disediakan. Untuk mengatasi hal itu diperlukan suatu pendekatan yang bermakna sehingga cara kerja siswa pun akan bermakna dan mudah dimengerti oleh siswa itu sendiri karena siswa bisa secara bebas menggunakan cara penyelesaian mereka sendiri tetapi juga masih berpatokan pada konsep yang ada. Belajar bermakna sangat diperlukan dimanapun dan bagaimanapun materi berlangsung karena bisa sebagai alternatif dari pendekatan atau teori hafalan atau yang lebih kita kenal teori drill. Dan peneliti berinisiatif menggunakan pembelajaran bermakna untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Kidul Dalem 02 Malang. Tahap dalam penelitian ini (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi dan (4) Refleksi. Data yang dapat diperoleh pada penelitian ini (1) soal-soal tes (2) pedoman observasi dan (3) pedoman wawancara. Studi awal yang peneliti lakukan sebelum melakukan penelitian yaitu memberi serangkaian soal tes pada siswa yang berhubungan dengan materi yang belum dipahami siswa. Sesuai hasil tes yang telah dilakukan siswa ditemukan bahwa hasil pekerjaan siswa kelas V SDN Kidul Dalem 02 yaitu 14 siswa belum tuntas karena memperoleh nilai di bawah SKM yaitu 70 sedangkan 13 siswa lainnya tuntas karena telah memenuhi SKM. Dari hasil pra tindakan tersebut peneliti mengatasi ketidaktuntasan tersebut dengan cara melakukan penelitian dan pemecahan masalah dengan memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya yaitu dengan menggunakan pembelajaran bermakna pada materi operasi penjumlahan pecahan sehingga setelah dalakukan penelitian ternyata menunjukkan peningkatan pada hasil belajar dengan memiliki tingkat penguasaan hingga 85% dan ini dikatakan bahwa penelitian ini dianggap tuntas dan berhasil. Dalam pembahasannya siswa lebih menyukai pendekatan ini karena siswa merasa bebas dan tidak terpaku pada aturan yang biasa diberlakukan karena siswa bisa menyelesaikan soal-soal dengan caranya sendiri dengan kreatifitasnya sendiri tetapi juga masih harus sesuai dengan konsep yang ada. Dengan adanya tindakan seperti ini belajar siswa pun pasti akan bermakna dan siswa tidak hanya lulus dengan cara menghafal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103807

Actions (login required)

View Item View Item