Pemanfaatan obyek-obyek konkrit untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi bagi siswa kelas V SDN Jodipan Kecamatan Blimbing Kota Malang / Santi Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan obyek-obyek konkrit untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi bagi siswa kelas V SDN Jodipan Kecamatan Blimbing Kota Malang / Santi Sari

Sari, Santi (2011) Pemanfaatan obyek-obyek konkrit untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi bagi siswa kelas V SDN Jodipan Kecamatan Blimbing Kota Malang / Santi Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci obyek konkrit menulis puisi pembelajaran bahasa Indonesia SD Berdasarkan observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SDN Jodipan Kecamatan Blimbing Kota Malang ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran menulis puisi anatara lain (1) guru hanya menggunakan metode konvensional yaitu tanya jawab kemudian penugasan (2) guru tidak menggunakan media khusus yang bisa memotivasi siswa agar bisa menulis puisi dengan baik (3) guru tidak menginformasikan tahap menulis puisi (4) siswa tidak memperhatikan penggunaan lirik bait dan ejaan dalam menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan implementasi kemampuan siswa kelas V SDN Jodipan Kecamatan Blimbing Kota Malang dalam menulis puisi dengan pemanfaatan obyek-obyek konkrit (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas V SDN Jodipan Kecamatan Blimbing Kota Malang dalam menulis puisi dengan memanfaatkan obyek-obyek konkrit. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini di laksanakan di SDN Jodipan Kecamatan Blimbing Kota Malang dengan dua siklus pembelajaran dan subyek penelitian siswa kelas V sebanyak 44 siswa dengan menggunakan model kolaboratif. Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan obyek-obyek konkrit di lingkungan sekolah yang berlangsung dalam tiga tahapan menulis yaitu tahap prapenulisan tahap penulisan dan tahap merevisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pratindakan menunjukkan rata-rata 65 1 siklus I hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata 74. pada rata-rata pra tindakan dan siklus I mengalami peningkatan nilai sebesar 8 9 atau 13 6 %. Sedangkan pada siklus II dengan nilai rata-rata 80 3 mengalami kenaikan sebesar 6 3 atau 8 5 % dari siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan pemanfaatan obyek-obyek konkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang baik maka disarankan agar guru hendaknya memanfaatkan objek-objek konkrit yang ada di lingkungan sekolah sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis puisi dan proses pembelajaran bisa dilakukan diluar kelas supaya siswa tidak merasa bosan dengan proses belajar mengajar yang selalu dilakukan di dalam kelas. Bagi sekolah hendaknya sekolah memberikan fasilitas yang baik dalam pemenuhan media pembelajaran agar tujuan pembelajaran bisa tercapai dan siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103804

Actions (login required)

View Item View Item