Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Tempuran 1 Ngawi / Pratika Tungga Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Tempuran 1 Ngawi / Pratika Tungga Dewi

Dewi, Pratika Tungga (2011) Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Tempuran 1 Ngawi / Pratika Tungga Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran IPA model pembelajaran problem solving aktivitas belajar hasil belajar Aktivitas dan hasil belajar siswa pra tindakan rendah. Prosentase ketuntasan hasil belajar klasikal pra tindakan 21 05% dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas 50 63. Peneliti memberikan solusi dengan menerapkan model pembelajaran problem solving. Melalui penerapan model pembelajaran problem solving siswa akan aktif melakukan percobaan untuk memecahkan masalah sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model pembelajaran problem solving pada pembelajaran IPA materi pokok pengungkit di kelas V SDN Tempuran 1 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi (2) peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran problem solving pada pembelajaran IPA serta (3) peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran problem solving pada pembelajaran IPA. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif interaktif yang dilakukan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri dari planning acting and observing reflecting dan revise plan. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain teknik observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 19 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran problem solving dapat merubah kegiatan pembelajaran yang bersifat teacher centered menjadi student centered dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Prosentase ketuntasan aktivitas belajar klasikal siklus-1 yaitu 52 63% dengan nilai rata-rata aktivitas belajar kelas 67 76. Prosentase ketuntasan aktivitas belajar klasikal siklus-2 yaitu 100% dengan nilai rata-rata aktivitas belajar kelas 87 72. Prosentase ketuntasan hasil belajar klasikal siklus-1 yaitu 63 16% dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas 68 11. Prosentase ketuntasan hasil belajar klasikal siklus-2 yaitu 100% dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas 90 04. Penerapan model pembelajaran problem solving pada pembelajaran IPA materi pokok pengungkit di kelas V SDN Tempuran 1 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi dapat diterapkan dengan baik sekali. Penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Tempuran 1 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. Saran berdasarkan hasil penelitian ini yaitu bagi guru dan peneliti selanjutnya jika menerapkan atau mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran problem solving sebaiknya memperhatikan kesesuaian materi pembelajaran keluasan materi pembelajaran alokasi waktu dan memecahkan masalah satu persatu sampai selesai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103803

Actions (login required)

View Item View Item