Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran word square kelas IV SDN Karangrejo 05 / Istiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran word square kelas IV SDN Karangrejo 05 / Istiani

Istiani (2011) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran word square kelas IV SDN Karangrejo 05 / Istiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar word square pembelajaran IPS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran wajib di Sekolah Dasar (SD). Dewasa ini guru masih menggunakan metode konvensional yaitu dengan menggunakan metode ceramah saja sehingga siswa merasa bosan dan malas untuk belajar pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Berkaitan dengan hal tersebut maka dilakukan penelitian mengenai peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran word square kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran model word square dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Karangrejo 05 dan mendeskripsikan model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Karangrejo 05. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Data penelitian yang berupa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan materi koperasi dan kesejahteraan rakyat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara lembar observasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Karangrejo 05 sangat baik. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata kelas 61 05. Siswa yang tuntas belajar pada tahap pratindakan sebanyak 7 siswa (35%) dan siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 13 siswa (65%). Nilai tertinggi 93 nilai terendah 26. Pada pelaksanaan pembelajaran siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 66 98. Nilai tertinggi 79 dan nilai terendah 46. Jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 14 siswa (70%) dan siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 6 siswa (30%). Pada pelaksanaan pembelajaran siklus II nilai rata-rata kelas yang dicapai adalah 69 84. Nilai tertinggi 81 dan nilai terendah 56. Siswa yang tuntas belajar sebanyak 16 siswa (80%) dan siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 4 siswa (20%). Keempat siswa ini adalah siswa yang sering tinggal kelas malas belajar dan tidak serius mengikuti pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran word square terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SDN Karangrejo 05. Oleh karena itu disarankan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa guru menguasai dan mampu menerapkan berbagai model pembelajaran yang tepat dan dapat memotivasi siswa untuk belajar salah satunya model pembelajaran word square.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103802

Actions (login required)

View Item View Item